Angkasa Pura 2

Menara Suar Cikoneng Ikon Propinsi Banten

DestinasiMinggu, 20 September 2015
WEP_7381

ANYER (Beritatrans.com) – Menikmati wisata pantai di Anyer, belum lengkap rasanya tidak mengunjungi Menara Suar Cikoneng terletak di Kampung Bojong, Desa Cikoneng, Anyer, Banten. Menara Suar (Mensu) Cikoneng termasuk dari 10 Mercuasuar dalam gugus tugas Kantor Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok, Direktorat Kenavigasian, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan.

Menara setinggi 75,5 meter ini terdiri dari 18 tingkat yang dihubungkan dengan 286 anak tangga. Fungsi utama dari Mercu Suar adalah sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP) untuk keselamatan pelayaran. Selain sebagai penanda titik nol, Mercusuar ini juga berfungsi sebagai pemandu navigasi kapal laut yang berlayar di sekitar pantai barat jawa yang penuh dengan karang yang berbahaya. Jangkauan cahaya dari mercusuar ini hingga mencapai 20 mil.

Pada bagian puncaknya terdapat lampu yang berfungsi untuk penunjuk kapal-kapal yang melintasi perairan Selatan Sunda, Banten bagian utara. Pada prasasti yang terpampang di atas pintu utama mercusuar tertulis kalimat dengan bahasa belanda sbb:

“Onder de regeering van ZM Willem III koning der nederlande. enz. enz. enz. opgericht voor vast light 21 grootte, ter vervanging van den steenen lighttoren in 1883 bm de ramp van krakatau vernield. 1885”, artinya Menara Suar yang didirikan tahun 1885 tersebut, adalah hadiah dari Raja Belanda Z.M. Willem III, untuk menggantikan Menara Suar lama yang hancur akibat letusan Gunung Krakatau tahun 1883.

Dari keterangan Kepala Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok Drs. Eko Hadirumekso, MBA, Menara Suar lama yang hancur oleh amukan gunung krakatau itu didirikan tahun 1806. Bekas reruntuhannya terletak kurang lebih 30 meter dari menara yang baru.

WEP_7355

“Menara Suar Cikoneng diharapkan menjadi aikon Propinsi Banten,” ujar Kepala Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok Drs. Eko Hadirumekso, MBA kepada beritatrans.com dan Tabloid Berita Trans di Anyer, Jumat (18/9/2015).

Harapan itu patut diwujudkan, sebab kerja keras yang dilakukan Kantor Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok, Direktorat Kenavigasian, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan untuk melestarikan patut diacungi jempol. Betapa tidak, Mercusuar Cikoneng sudah banyak perubahan, seperti penataan lingkungan lebih asri dan tertata rapi.

Lihat saja, ketika kita masuk ke menara lantai 1 hingga lantai 3 sudah rapi dan dindingnya dihiasi bingkai-bingkai foto Menara Suar dari berbagai daerah dan sejarahnya. “Menara Suar Cikoneng, kita jadi sarana wisata pendidikan sejarah Kenaviagasian di Indonesia,” tutur Drs. Eko Hadirumekso, MBA. Pemerintah Banten, lanjut Eko akan menjadikan Menara Suar Cikoneng sebagai musium Krakatau.

WEP_7371

Menaiki anak tangga mercusuar bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Karena, untuk ke atas dibatasi hanya 10 orang saja. Maklum selain menjaga keselamatan pengunjung, Menara Suar yang berumur 130 tahun itu, dikhawatirkan kurang kuat lagi. Ruangan yang sempit seluas 2,5 meter menjadi sesuatu yang harus dilewati jika ingin menuju puncak mercusuar. Apalagi semakin ke atas, ruangan akan semakin sempit.

Sesampainya di lantai 18 adalah ruang kaca. Disana ada sebuah lampu, aki cadangan dan kita bisa melihat pemandangan indah dari atas. Tapi jangan terlalu lama di ruang ini, selain panas dan pengab.

WEP_7388

Bila kita turun ke lantai 17, dan kita bisa keluar disambut udara pantai yang cukup kuat. Disini, kita perlu hati-hati untuk berkeliling selain tempatnya sempit dan terpaan angin sangat kencang. Dari lokasi ini melihat pemandangan dari atas akan disajikan beragam pemandangan. Mulai dari menyaksikan lautan lepas, Jalan Raya Anyer hingga perbukitan yang hijau, dermaga.

WEP_7391

WEP_7404

WEP_7410

WEP_7398

WEP_7399

Fasilitas di sebelah kiri Menara Suar, terdapat tujuh penginapan yang bisa disewa untuk umum. Satu penginapan bertingkat dengan 3 kamar tidur yang berada dekat bibir pantai dan lapangan bola mini dari pasir itu untuk hari libur dari Jumat siang hingga minggu siang di patok seharga Rp1,5 juta semalam. Untuk hari biasa senin hingga Kamis di sewa seharga Rp1,2juta. Selanjutnya ada 2 penginapan dengan 2 kamar tidur disewa diwaktu weekend Rp1,2 dan hari biasa Rp900 ribu. Dan ada 4 penginapan dengan 1 kamar tidur diwaktu weekend dipatok Rp900 ribu dan hari biasa Rp700 ribu.

WEP_7366

WEP_7357

Menghadap pantai dari pintu Menara Suar terilihat, taman monumen ‘titik Nol Km’ dan kearah kanan terdapat dermaga.

WEP_7349

WEP_7345

Untuk menuju tempat bersejarah ini cukup mudah. Bagi yang menggunakan kendaraan umum dari arah Jakarta, bisa melalui Jalan Tol Jakarta Merak, keluar pintu tol Cilegon Barat, lalu mengambil jalan ke arah Anyer – Carita. Untuk menemukan lokasi Menara Suar cukup mudah. Ikuti saja jalanan di pantai barat pulau Jawa tersebut hingga anda menyaksikan sebuah menara putih yang berdiri tegak di tepi jalan raya. (Wahyu)

loading...