Angkasa Pura 2

Taruna STTD Ikut Program PKL di Lima Pemda Di Tanah Air

Koridor SDMMinggu, 20 September 2015
PKL STTD2

JAKARTA (beritatrans.com) – Sekolah Tinggi Transportasi darat (STTD) menggelar program praktek kerja lapangan (PKL) bagi taruna tingkat akhir. Program PKL taruna STTD dilaksanakan per program studi (prodi) yang tersebar di berbagai pemerintah daerah (pemda) di Tanah Air.

“Program PKL digelar sejak awal bulan September sampai akhir November 2015 mendatang. Program PKL diikuti taruna dari Prodi D-IV Transportasi Darat (Transdar) STTD. Mereka yang melaksanakan PKL khususnya taruna tingkat akhir STTD,” kata Kabag Administrasi dan Ketarunaan STTD Muh Nurhadi, ATD, MT menjawab beritatrans.com di Jakarta, Minggu (20/9/2015).

PKL ini, lanjutnya, akan dilaksanakan selama tiga bulan. Selama PKL di daerah itu, para taruna STTD akan mengumpulkan data di lapangan, mengolah dan menganalisis untuk kepentingan identifikasi permasalahan transdar serta rekomendasi awal untuk perbaikan.

PKL STTD1

Adapun materi atau bidang PKL ini, jelas Nurhadi, meliputi 1. Transport planing, perencanaan transportasi. 2. Traffic engineering, kinerja dan pelayanan lalu lintas jalan, 3. Public transport, kinerja dan pelayanan angkutan umum, dan 4. Transport safety, keselamatan transportasi darat, serta 5. Intermoda conectivity, konektivitas transportasi antar moda.

Nurhadi menjelaskan, pelaksanaan PKL D-IV Transdar STTD tahun ini dilaksanakan di 5 lokasi, yaitu; 1. Kota Mataram Nusa Tenggara Barat (NTB), 2. Kota Solok Sumatera Barat (Sumbar), 3. Kab. Banjarbaru Kalimantan Selatan (Kalsel), 4. Kota Palembang Sumatera Selatan (Sumsel), dan 5. Kab. Fak-Fak Papua Barat.

Nurhadi menambahkan, semua taruna STTD di lokasi PKL berhasil menjalnjan tugasnya dengan baik. Semua itu tak lepas dari pembinaan dan pengawasan dari kampus, serta dukungan Kepala Daerah setempat.

“Ini (PKL) merupakan bentuk sinergitas yang baik antara dunia pendidikan dengan end user, khususnya Pemda di ebrbagai daerah,” tegas Nurhadi.(helmi)

loading...