Angkasa Pura 2

Peringati Hari Menara Suar Sedunia

Disnav Palembang Berikan Penghargaan ke Penjaga Menara Suar

DermagaKamis, 24 September 2015
IMG-20150923-WA005_edit

JAKARTA (beritatrans.com) – Direktorat Kenavigasian Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan memperingati Hari Menara Suar Sedunia 22 September 2015. Peringatan tersebut dilakukan secara serentak oleh seluruh Kantor Distrik Navigasi (Disnav) yang ada di Indonenesia.

Kantor Disnav Kelas I Palembang, Sumatera Selatan memperingati Hari Menaa Suar Sedunia dengan melakukan upacara dan mengibarkan bendera merah putih berukuran raksasa di Menara Suar Tanjung Kalian, Muntok. Disnav Palembang juga memberikan penghargaan ke para penjaga Menara Suar yang ada di bawah pengelolaannya.

IMG-20150923-WA008

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima beritatrans.com dan Tabloid Berita Trans di Jakarta, Kamis (24/9/2015) disebutkan bahwa perayaan dihadiri oleh sebagian karyawan dan karyawati Distrik Navigasi Kelas I Palembang, perwakilan-perwakilan dari Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Selatan, Dinas Perhubungan Provinsi Bangka Belitung, Dinas Perhubungan Kabupaten Bangka Timur, LANAL, Kantor Syahbandar & Otoritas Pelabuhan (KSOP) Palembang, KSOP Muntok, KSOP Pangkal Balam, KSOP Sungai Lumpur, Kepala Pelabuhan Penyeberangan Muntok, Kepala Stasiun Radio Pantai (SROP) Muntok dan Palembang, serta perwakilan Penjaga (Operator) Menara Suar dan Teknisi Menara Suar Tanjung Kalian, Tanjung Jabung, Pulau Penyusu, dan Tanjung Ular.

Kepala Distrik Navigasi Kelas I Palembang Raymond Sianturi berharap perayaan Hari Menara Suar dapat memberi manfaat dalam memperkokoh karakter Indonesia sebagai negara maritim dunia. Kemudian membangkitkan motivasi para Penjaga Menara Suar, khususnya yang bekerja di tempat-tempat terpencil.

“Juga menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang betapa pentingnya keberadaan dan jasa para petugas menara suar,” kata Raymond Sianturi.

Menurut Raymond, perayaan ini juga sangat bermanfaat untuk membangkitkan semangat para petugas Menara Suar yang telah mengabdi hingga di tempat-tempat terpencil hingga ke wilayah terluar NKRI dengan meninggalkan keluarga demi keselamatan pelayaran yang tentunya berkontribusi bagi kelancaran logistik dan perkembangan ekonomi wilayah maupun nasional. Akan tetapi ironisnya tidak banyak dari kalangan masyarakat umum maupun masyarakat pelayaran yang menyadari keberadaan dan peran para penjaga (operator) dan teknisi menara suar tersebut.

“Semangat ini diharapkan dapat meningkatkan moril para petugas sekaligus membangkitkan animo angkatan kerja untuk menjadi petugas Menara Suar,” tuturnya.

Perayaan Hari Menara Suar di Menara Suar Tanjung Kalian Muntok diawali dengan pengibaran bendera Merah Putih berukuran 22 x 9 meter, ukuran yang dibuat mewakili tanggal dan bulan perayaan. Sama halnya dengan bendera serupa yang dikibarkan oleh Disnav Tanjung Priok, keduanya dikibarkan dengan memanfaatkan Menara Suar sebagai tiang benderanya.

Selanjutnya dilakukan kegiatan kerja bakti di lokasi Menara Suar dan lingkungan sekelilingnya. Puncak prosesi perayaan dilaksanakan pada jam 16:00 yang diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Perhubungan.

Dalam perayaan Hari Menara Suar di Menara Suar Tanjung Kalian Muntok tersebut dilaksanakan pula pemberian penghargaan kepada empat orang Petugas Menara Suar yang mewakili keempat Menara Suar yang saat ini dioperasikan Disnav Palembang.

Acara selanjutnya dimeriahkan dengan pemutaran empat film pemenang dalam Festival Film Kenavigasian tahun 2015 yang untuk pertama sekali digelar dalam rangkaian Acara Rapat koordinasi Teknis Kenavigasian pada awal September lalu di Palembang. Keempat film tersebut adalah “Penjaga Cahaya” karya Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok, “Anak Suar” karya Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Pinang, “Aku Anak Lampu” karya Direktorat Kenavigasian Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, dan “Laskar Navigasi” karya Distrik Navigasi Kelas I Palembang.

Acara dipuncaki dengan penurunan Sang Saka Merah Putih pada pukul 18:00 yang dilanjutkan dengan pemutaran replika kemudi kapal yang secara otomatis diikuti dengan bunyi peluit kapal, terhamparnya  spanduk perayaan di badan Menara Suar, dan menyalanya lampu Menara Suar. (aliy)

loading...