Angkasa Pura 2

Swiss Tangguhkan Penjualan Mobil-Mobil Produksi Volkswagen

OtomotifMinggu, 27 September 2015
volkswagen-kooperation

Swiss membatalkan atau setidaknya menangguhkan penjualan kendaraan-kendaraan produksi Volkswagen atau VW yang kemungkinan dilengkapi piranti lunak yang mampu mengelabuhi uji emisi.

Penangguhan tersebut diumumkan pada Sabtu (26/9/2015) menyusul produsen mobil asal Jerman tersebut mengungkapkan sekitar 11 juta kendaraannya dilengkapi pirantik lunak yang memicu protes para pecinta lingkungan, termasuk Greenpeace.

Piranti lunak canggih itu dikabarkan dapat mengendalikan polusi pada saat uji emisi dilakukan dan kemudian mematikan alat tersebut ketika kendaraan dikemudikan secara normal.

Keputusan yang diambil pemerintah Swiss kemungkinan besar akan memengaruhi penjualan mobilp-mobil VW di negara tersebut yang jumlahnya diperkirakan mencapai 180 ribu mobil unit. Mobil-mobil yang termasuk dalam produksi VW diantaranya adalah Audi, SEAT, Skoda, Bentley, Bugatti, Lambhorgini, Porsche, dan Scania.

Sebelumnya, pada 18 September lalu Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (EPA) menyatakan bahwa Volkswagen AG, Audi AG, dan Volkswagen Group of America Inc telah melanggar undang-undang udara bersih (Clean Air Act/CAA).

Pemberitahuan pelanggaran atau notice of violation (NOV) yang dikeluarkan EPA menyebutkan bahwa beberapa model mobil diesel empat-silinder VW dan Audi telah dilengkapi perangkat lunak untuk mengelabuhi uji emisi untuk polutan udara tertentu di AS.

Pemerintah Kalifornia secara terpisah juga mengeluarkan surat peringatan (In-Use Compliance) untuk Volkswagen, dan EPA serta Badan Sumberdaya Udara Kalifornia (CARB) memulai penyelidikan berdasarkan dugaan tindakan yang dilakukan Volkswagen. (aliy)