Angkasa Pura 2

Hore! Commuter Line Akan Berhenti Lagi di Gambir

EmplasemenSenin, 28 September 2015
Stasiun Gambir

JAKARTA (beritatrans.com) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) berencana akan memfungsikan kembali Stasiun Gambir sebagai pemberhentian Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line yang sempat disetop karena keterbatasan lajur. Untuk merealisasikan rencana tersebut PT KAI akan memperluasaan Stasiun Gambir.

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan perluasan Stasiun Gambir akan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta karena akan menggunakan sebagian kecil lahan yang ada di kawasan Monas.

“Pak Gubernur (Basuki Tjahaja Purnama) sudah memberi izin penggunaan lahan di samping Gambir untuk memungkinkan KRL berhenti di situ,” kata Edi Sukmoro seperti yang dirilis Kompas.com hari ini, Senin (28/9/2015).

Meskipun demikian, Edi belum dapat memastikan jadwal dimulainya proyek tersebut dengan alasan masih menunggu penyelesaian proses perencanaan rampung.

Sebetulnya stasiun yang berlokasi di jantung kota Jakarta ini sempat difungsikan untuk pemberhentian KRL. Namun sejak tahun 2012 Stasiun Gambir hanya diperuntukan bagi KA jarak jauh, sehingga KRL jurusan Jakarta – Bogor dan Jakarta – Bekasi atau sebaliknya tidak berhenti di stasiun itu. Selain alasan keselamatan, manajemen PT KAI juga khawatir ada penumpang KRL yang menyelinap masuk ke KA jarak jauh tanpa membeli tiket terlebih dahulu. (aliy)

loading...