Angkasa Pura 2

Menteri Siti Segera Petakan Lahan Gambut Sumatera dan Kalimantan

Lingkungan & KehutananMonday, 28 September 2015

JAKARTA (beritatrans.com) — Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) segera memetakan wilayah di Sumatera dan Kalimantan yang terdapat kanal gambut. Nantinya akan ada anggota TNI yang bertugas di sekitar kanal agar ketersediaan air terjaga dan lahan gambut tidak mengalami kekeringan.

Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar menjelaskan, kementeriannya berperan sebagai koordinator dalam upaya pengamanan gambut dari kekeringan dan kebakaran. “Mekanismenya dari posko bencana, jadi koordinator administrasinya memang kita juga. Hanya memang tenaganya, peralatannya itu didukung oleh TNI,” kata Siti di Kemang, Minggu malam.

Siti mengatakan, kementeriannya menurunkan 61 tim untuk memeriksa daerah-daerah tersebut pada pekan ini. Tim survei itu akan dibagi menjadi 2 kloter keberangkatan yaitu Selasa 29 September 2015 dan Kamis 30 September 2015.

“Kan sekarang kita lagi turun ke lapangan, sedang memeriksakan wilayah-wilayah itu. Besok hari Selasa sudah turun lagi 30 tim, selanjutnya mungkin hari Kamisnya turun lagi tim lain 30 lagi. Semuanya ada 61 tim,” jelas Siti.

Sebelumnya,Presiden Joko Widodo telah memerintahkan jajaran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) untuk membasahi kembali lahan gambut yang mengering dan rawan terbakar.
Dinilainya, sistem kanalisasi di lahan gambut mampu menjadi solusi untuk mengurangi kebakaran hutan dan lahan yang berujung pada bencana kabut asap.

Namun pada satu sisi, keberadaan kanal-kanal ini seringkali digunakan untuk mengalirkan kayu-kayu gelondongan oleh perusahaan nakal yang melakukan penebangan liar. (fenty)