Angkasa Pura 2

Ribuan Bidan Tuntut Jokowi Selamatkan Bidan Desa

Another NewsSenin, 28 September 2015
demo

JAKARTA (beritatrans.com) – Dari pagi hingga siang ini (Senin, 28/9) kondisi lalu lintas sebagian Jakarta, padat dan macet total. Selain volume kendaraan yang memang tinggi setiap harinya, kondisi macet ini disumbang oleh aksi demo sekitar seribu bidan dari berbagai daerah.

Mereka melakukan unjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta, Senin (28/9). Mengatasnamakan kelompok Forum Bidan PTT (pegawai tidak tetap) Indonesia, mereka memulai aksi dari depan Patung Kuda di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. “Forum Bidan PTT Indonesia melakukan penyampaian pendapat ke depan Istana, dalam pengamanan petugas,” tulis TMC Polda Metro Jaya di akun twitter-nya@TMCPoldaMetro.

Aksi demo ini membuat arus lalu lintas dari Kebon Sirih menuju Tugu Tani, arah Gambir, Jalan Medan Merdeka Timur serta Veteran macet. Dalam keterangan tertulisnya, para bidan menyuarakan 5 tuntutan kepada Presiden Jokowi, yakni:

1. Presiden Jokowi selamatkan bidan desa sebagai pegawai tetap.

2. Terbitkan Kepres pengangkatan bidan desa PTT sebagai pegawai tetap negara.

3. Stop pengangkatan bidan desa status pegawai tidak tetap (PTT).

4. Negara harus menjamin kesejahteraan dan melindungi bidan desa. Karena rakyat butuh bidan desa.

5. APBN 2016 pastikan anggaran bagi kebutuhan pengangkatan bidan desa PTT sebagai pegawai tetap negara atau PNS.

Selain itu, demo juga dilakukan oleh pegiat lingkungan yang tergabung dalam Komite Pemuda Menjaga Hutan (Kemah) Indonesia. Aksi simpatik yang akan digelar di Bunderan HI Jakarta sebagai upaya memerangi pembakaran hutan di sejumlah provinsi di Sumatera dan kalimatan yang terjadi secara masif.

Rencana aksi disampaikan Koordinator Kemah Indonesia, Lucky Nasution, yang mengatakan aksi akan mengusung tiga tuntutan, yakni jaga dan lestarikan hutan Indonesia; tindak tegas pelaku pembakaran hutan; serta cabut izin perusahaan pembakar hutan dan lahan. Seluruh demonstran memakai masker dan mendirikan tenda atau berkemah sebagai bentuk protes atas terjadinya kebakaran hutan.(fenty)

loading...