Angkasa Pura 2

484 Taruna STIP Ikut Program Orientasi Ke Pelabuhan Merak-Bakauheni

Dermaga SDMSelasa, 29 September 2015
Taruna stip1

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Sebanyak 484 taruna Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta mengikuti program pengelanan dan orientasi pada kapal, laut dan pelabuhan selama tiga hari. Mereka diajak langsung turun ke lintasan Penyeberangan Merak-Bakauheni.

“Mereka adalah taruna semester III di STIP Jakarta. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai sarana pemanasan sebelum taruna tersebut memasuki masa prola dan proda yang sebenarnya,” kata slah satu instruktur pendamping yang menyertai taruna STIP Jakarta Marzuki saat dihubungi beritatrans.com dari Jakarta, Selasa (29/9/2015).

Menurutnya, kegiatan ini berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 28 sampai dengan 30 September 2015. Para taruna peserta orienstasi berangkat dari Kampus STIP Marunda, Jakarta Utara jam 06.00.

Taruna stip2

“Perjalanan dilakukan dengan bus menyusuri jalan tol dalam kota Jakarta dan berlanjut ke Tol Jakarta-Merak menuju Pelabuhan Penyeberangan Merak Banten ke Pelabuhan Bakauheuni, Lampung,” jelas Marzuki, pejabat dari Bagian Ketarunaan dan Alumni STIP Jakarta itu.

Dikatakan, kegiatan taruna STIP Jakarta seperti itu akan dilaksanakan pada setiap tahunnya. Hanya waktu dan tempat pengenalan mereka bisa beruah-ubah sesuai kondisi dan kebutuhan riil di lapangan.

Program tersebut menurut Marzuki, untuk menambah dan meningkatkan pengetahuan taruna STIP Jakarta, terutama dalam familiarisasi awal terhadap simulasi operasional perjalanan sebuah kapal.

“Jadi, sejak awal taruna STIP harus dikenalkan dengan kapal dan pelabuhan lengkap dengan semua perangkat dan persiapannya, pada saat persiapan berangkat, kapal dalam perjalanan, sampai pada saat kapal bersandar di pelabuhan tujuan,” tegas Marzuki.(helmi)