Angkasa Pura 2

Pengusaha Minta Jokowi Pangkas Perizinan Berlapis

Another NewsSelasa, 29 September 2015
Demo Jokowi

JAKARTA (beritatrans.com) — Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) memberikan empat usulan kepada Presiden Joko Widodo terkait peningkatan 25 sektor usaha di Tanah Air. Usulan disampaikan saat diadakan pertemuan antara Jokowi dan Apindo di Istana Merdeka, Jakarta.

“Pada siang hari ini kami bertemu dengan Presiden Jokowi untuk menyampaikan kondisi terkini dari dunia usaha kita dan juga usulan dari kami kepada pemerintah yang menyangkut 25 sektor usaha,” ucap Ketua Apindo Hariyadi Sukamdani, seperti dikutip metrotvnews, di Jakarta, Selasa (29/9).

Hariyadi menjelaskan, usulan pertama agar pemerintah segera memangkas lama waktu perizinan demi efesiensi biaya. Kedua, melakukan relaksasi kebijakan fiskal.

“Ketiga, usulan untuk kebijakan ketenagakerjaan yang kondusif bagi iklim usaha. Termasuk kebijakan upah minimum yang realistis,” ungkap dia.

Terakhir, pemerintah diharapkan mampu menjaga daya beli masyarakat dengan mengendalikan biaya inflasi dan percepatan biaya pemerintah. “Serta relaksasi di bidang kredit perbankan,” sambung dia.

Dalam jangka panjang, Apindo meminta konsistensi percepatan pembangunan infrastruktur. Di samping juga kebijakan untuk mendorong tumbuhnya industri dalam negeri pengganti (substitusi impor).

“Berikutnya adalah kebijakan untuk mendorong ekspor dengan mempercepat perjanjian perdagangan internasional dengan negara-negara yang berpotensi menjadi pasar ekspor kita, seperti Uni Eropa. Di mana kita belum menandatangani CEPA (Comprehensive Economic Partnership Agreement),” pungkas Hariyadi. (fenty)

loading...