Angkasa Pura 2

Menhub Jonan Dijadwalkan Resmikan Pelabuhan Moru

DermagaRabu, 30 September 2015

KUPANG (beritatrans.com) – Menteri Perhubungan Ignasius Jonan jadwalkan untuk meresmikan pengoperasian Pelabuhan Peti Kemas Moru di Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Jumat mendatang (2/10/2015).

“Peresmian pelabuhan peti kemas itu nantinya, juga akan disatukan dengan peresmian Pelabuhan Penyeberangan Baranusa di Alor,” kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTT Ricard Djami di Kupang, Rabu (30/9/2015).

Dia mengatakan Pelabuhan Peti Kemas Moru, di Kabupaten Alor, wilayah yang berbatasan laut dengan Timor Leste itu, mulai dibangun pada 2012 dan selesai pada 2013 lalu.

Begitupun dengan Pelabuhan Penyeberangan Baranusa yang dibangun sejak 2011 dan selesai 2013, tetapi baru akan diresmikan pemanfaatannya.

“Saya tidak ingat persis anggaran pembangunan dua pelabuhan itu, karena Satuan Kerja (Sakter) langsung dari Kementerian Perhubungan,” katanya seperti dikutip Antara.

Dia menambahkan, keberadaan Pelabuhan Peti Kemas di Moru diharapkan dapat memperlancar arus bongkar muat barang dari dan ke NTT, khsususnya Alor.

“Iya ini juga merupakan bagian dari infrastruktur untuk mendukung program tol laut,” katanya menambahkan.

Artinya, hasil-hasil dari Pulau Alor, Baranusa dan Lembata, bahkan Flores Timur bisa dikirim dari Pelabuhan Moru, katanya menjelaskan. (aliy)