Angkasa Pura 2

Tersebar Di STTD, PKTJ dan BP2TD Bali

DAMRI Didik Ratusan Karyawan Di Kampus BPSDM Perhubungan

Koridor SDMKamis, 1 Oktober 2015
STTD Bekasi

JAKARTA (BeritaTrans.com) Perum DAMRI mendidikan ratusan karyawannya di tiga sekolah BPSDM Perhubungan, yaitu STTD Bekasi, PKTJ Tegal dan BP2TD Bali. Kebijakan ini merupakan bagian peningkatkan profesionalisme karyawan serta untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada konsumen.

“Mereka adalah calon pengemudi dan teknisi yang akan mengoperasikan 1.000 bus bantuan Kementerian Perhubungan yang akan diterima tahun 2015 ini,” kata Direktur Teknik Perum DAMRI Bagus Wisanggeni saat dihubungi beritatrans.com di Jakarta, Rabu (30/9/2015) petang.

Menurutnya, sampai saai ini sudah 200 pengemudi cerdas dari DAMRI yang dididik di PKTJ Tegal dan STTD Bekasi. Program ini sudah berjalan sampai delapan angkatan. “Saat ini sudah selesai delapan angkatan, masing-masing kelas ada 25 orang dan separuhnya adalah karyawan DAMRI,” kata Bagus lagi.

Sementara, untuk pendidikan calon teknisi juga sudah dilakukan di PKTJ Tegal dan STTD Bekasi. “Totalnya akan didik 200 teknisi dan 100 orang diantaranya adalah karyawan DAMRI yang akan ditempatkan di berbagai daerah di Tanah Air,” jelas Bagus.

Kini, calon pengemudi baru angkatan kesembilan sedang menjalai pendidikan di BP2TD Bali, tepatnya di daerah Batu Bulan. Sebelumnya, banyak teknisi DAMRI yang dididiki di PKTJ Tegal, Jawa Tengah.

“Mereka itu kebanyakan karyawan DAMRI asal Indonesia bagian timur seoperti NTB, NTT, Maluku dan Papua. Kalau sudah selesai mengikuti diklat, akan dikembalikan ke daerah untuk mengoperasikan bus bantuan dari Kemenhub untuk memperbaiki layanan transportasi umum di daerahnya,” papar Bagus.

Kepala BPSM Perhubungan Wahju Satrio Utomo, SH, M.Si mengatakan, Pemerintah akan membangun 3.000 unit bus untuk diserahkan ke 34 provinsi di Tanah Air. Dana tersebut berasal dari penghematan subsidi BBM di APBN.

“Sebagai persiapan dan untuk memastikan bus-bus tersebut bisa dioperasikan untuk melayani masyarakat, maka dididik calon pengemudi dan teknisi di beberapa kampus BPSDM Perhubungan seperti STTD Bekasi, PKTL Tegal dan BP2TD Bali,” tandas Tommy sapaan akrab dia.

BPSDM Perhubungan dan seluruh kampus transportasi darat yang ada siap mendidik dan mempersiapkan SDM unggul untuk menyukseskan program Pemerintah Indonesia membangun dan melayani transportasi umum di daerah. “Jika dibutuhkan, kampus-kampus BPSDM Perhubungan selalu siap menjalankan tugas Negara itu,” tgas Tommy.(helmi)