Angkasa Pura 2

Kabadan Litbanghub Masuk Dalam Dewan Riset Nasional 2015-2018

LitbangJumat, 2 Oktober 2015
riset 1

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) Republik Indonesia No. 521/M/Kp/IX/2015 tentang Penetapan Anggota dan Fokus Tugas Dewan Riset Nasional Periode 2015-2018, telah tersusun 8 Komisi Teknis Dewan Riset Nasional yang akan bertugas hingga 2018.

Ke delapan Komisi Anggota Dewan Riset Nasional itu yakni Komisi Teknis Pangan dan Pertanian, Komisi Teknsi Energi, Komisi Teknis Transportasi, Komisi Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Komisi Teknis Pertahanan dan Keamanan, Komisi Teknis Kesehatan dan Obat, Komisi Teknis Material Maju, dan Komisi Teknis Sosial Humaniora.

Untuk Komisi Transportasi Kepala Badan Litbang Perhubungan (Balitbanghub) Kementerian Perhubungan dipercaya menjadi salah satu anggotanya dengan enam anggota lainnya.

Menurut Elly, komisi teknis di Dewan Riset Nasional ini memiliki tugas diantaranya merumuskan dan mengevaluasi pelaksanaan agenda riset nasional. “Bagi kami di komisi transportasi diantaranya akan menjalankan program manajemen keselamatan dan keamanan transportasi dan agenda lainnya yang disusun dalam agenda riset nasional,” kata Elly usai pengukuhan Dewan Riset Nasional (DRN) 2015-2018.

Sementara susunan Komisi Teknis Transportasi Dewan Riset Nasional yakni:
1. DR. Elly Adriani Sinaga, Msc (Balitbanghub)
2. Andi Alisjahbana MSME (PT Dirgantara Indonesia)
3. Prof. Ir. Djauhar Manfaat, MSc, Ph.D (Institute 10 November)
4. Agus eko Nugrojo, SE, M. Econ (LIPI)
5. Ir. Waskito Pandu, Msc (Widyaswara Utama Kementerian PUPR)
6. Prof. Dr. Ir, Bambang Sugeng Subagyo, DEA (ITB)
7. Prof. Dr-Techn. Ir. Danang Parikesit M.Sc (Eng) ATU, IPU (MTI)
8. Prof. Ir. Sigit Prayitno MSc, Phd (UGM)

Secara umum, fokus tugas Dewan Riset Nasional yakni memberikan pertimbangan kepada menteri dalam perumusan dan arah prioritas pembangunan IPTEK, memberikan berbagai pertimbangan kepada menteri dalam menyusun dan melaksanakan kebijakan strategi nasional IPTEK, sistem inovasi nasional dan kebijakan strategis IPTEK lainnya.

Tugas lainnya yakni melaksanakan pemantauam perkembangan iptek dan kebutuhan iptek untuk pembangunan serta menjalin hubungan kemitraan dengan Dewan Riset Daerah dan dewan-dewan sejenis di tingkat nasional maupun internasional. (fenty)