Angkasa Pura 2

Aviastar: Koordinat Pesawat Yang Hilang Kontak Sudah Ditemukan

KokpitSaturday, 3 October 2015

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Pemilik maskapai Aviastar, Sugeng Triyono mengatakan, pesawat Aviastar yang hilang kontak JUmat (2/10.2015) siang sudah ditemukan ditemukan titik koordinat jatuhnya, yaitu di sekitar kawasan Palopo, Sulsel, dekat airport Lagaligo Bua.

“Kabarnya sudah ditemukan berdasarkan sinyal handphone dan sudah di ping poin,” ujar Sugeng saat dikonfirmasi detikcom, Sabtu (3/10/2015).

Pesawat Aviastar tersebut hilang setelah lepas ladnas dari Masamba menuju Makassar, Sulawesi Selatan pada Jumat siang kemarin. Titik koordinat pesawat tersebut diketahui dari sinyal handphone.

Sugeng menambahkan, informasi itu telah diteruskan ke Basarnas untuk ditindaklanjuti. “Dan Basarnar akan kirim helikopter ke sana,” katanya.

Menurut pihak Aviastar, sinyal yang berasal dari HP milik pilot tersebut telah terlacak sejak tadi malam. “Dugaan tersebut berdasarkan sinyal HP milik pilot yang terlacak. Dari semalam juga ada titik koordinat yang didapatkan dari sinyal HP tersebut,” ujar General Manager Komersial PT Aviastar Indonesia, Petrus Budi saat dikonfirmasi detikcom, Sabtu (3/10/2015).

Walau begitu, hingga saat ini keberadaan pesawat berpenumpang 10 orang tersebut belum dapat dipastikan keberadaannya. “Sampai sekarang tim darat yang menuju lokasi belum sampai tujuan jadi belum dapat dipastikan (lokasi penemuan),” jelas Petrus.

Titik koordinat pesawat Aviastar yang hilang kontak setelah lepas landas dari Masamba menuju Makassar, dikabarkan telah ditemukan di kawasan Palopo, Sulawesi Selatan. Penemuan titik tersebut berdasarkan sinyal HP.

“Kabarnya, dari telepon, koordinat sudah kita ping poin. Itu ditemukan di daerah Palopo, dekat airport Lagaligo Bua,” ujar Sugeng Triyono menamahkan.

Penumpang Dan Crew Pesawat

Diketahui, pesawat Aviasatar rute Masamba-Makassar hilang kontak setelah tujuh menit lepas landas dari Masamba. Pesawat lepas landas pukul 13.29 WIB dan hilang kontak pukul 13.36 WIB.

Di dalam pesawat tersebut ada 7 penumpang dan 3 kru pesawat. Berdasarkan data yang diperoleh Kapolres Luwu Utara AKBP Muh Endro, kru di dalam pesawat tersebut, yaitu:
1. Pilot Captain Iri Afriadi
2. Kopilot Yudhistira
3. Teknisi Sukris

Sedangkan penumpang terdiri dari 5 orang dewasa dan 2 bayi. Berikut nama-namanya:
1. Nurul Fatin
2. Lisa Falentin
3. Riza Arman
4. Sakhi Arqam
5. M Natsir
6. Bayi Afif
7. Bayi Raya.(hel/dtc)