Angkasa Pura 2

Waduk Jatigede Potensial Jadi Obyek Wisata

Destinasi KoridorSelasa, 6 Oktober 2015
waduk

BANDUNG (BeritaTrans.com) — Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat (Jabar) mendorong potensi daerah Waduk Jatigede di Kabupaten Sumedang menjadi objek wisata.

Selain itu diharapkan bisa menarik dan memberikan manfaat untuk kesejahteraan ekonomi masyarakat.

“Di Sumedang ada Jatigede yang baru digenangi, artinya pemerintah akan sangat konsen untuk menjadikan Jati Gede itu menjadi objek wisata,” kata Pelaksana Teknis Kepariwisataan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Keli Suyantoro dalam acara sosialisasi pariwisata di Sumedang, Selasa (6/10).

Dilansir antaranews.com, ia mengatakan Waduk Jatigede memiliki daya tarik untuk dijadikan pariwisata danau seperti Waduk Cirata di Kabupaten Bandung Barat.

Dongkrak Ekonomi
Menurut dia, objek wisata tersebut akan mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar dengan menjadi pelaku pariwisata.

“Warga yang tadinya petani sekarang didorong untuk mendapatkan penghasilannya dengan menjadi pelaku pariwisata,” katanya.

Selain mendorong Waduk Jatigede, kata Keli, Dinas Pariwisata Jabar juga mendorong objek pariwisata lainnya di Sumedang seperti wisata religi dan budaya dengan situs bersejarahnya.

Dukungan meningkatkan potensi pariwisata itu, kata dia, dilakukan melalui program Sapta Pesona dan Sadar Wisata untuk Kabupaten Sumedang.

“Program mensosialisasi Sapta Pesona dan Sadar Wisata ini bukan hanya di Sumedang, tapi kegiatannya di 27 kabupaten di Jawa Barat,” katanya.

Ia berharap program itu dapat memberdayakan masyarakat untuk berwirausaha dalam rangka memanfaatkan potensi pariwisata.

“Kami ingin masyarakat diberdayakan, menjadi pelaku wisata, karena selama ini ekonomi kreatif masyarakat kurang bergairah,” katanya.(fenty)

loading...