Angkasa Pura 2

Berantas Korupsi, Kemenhub Buka Layanan Pengaduan Secara Online SIMADU

Another NewsRabu, 7 Oktober 2015
Barata

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Dalam rangka pencegahan pelanggaran dan penyimpangan serta pemberantasan korupsi di lingkungan Kementerian Perhubungan, serta upaya mengoptimalkan sistem pengaduan (whistleblowing system), Kementerian Perhubungan meluncurkan aplikasi Sistem Manajemen Pengaduan (SIMADU).

“Peluncuran perdana aplikasi tersebut dilakukan oleh Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan, dalam acara workshop Percepatan Pelaksanaan Anggaran Tahun 2016,” kata Kapuskom Publik Kementerian Perhubungan (Kemenhub) JA Barata dalam siaran pers di Jakarta, Rabu (7/10/2015).

Melalui aplikasi tersebut, lanjut dia, masyarakat atau pegawai dapat melaporkan pelanggaran dan penyimpangan yang terjadi di lingkungan Kementerian Perhubungan.

“Pelapor dapat memantau proses pengaduan setelah mendapatkan Nomor Registrasi Pengaduan. Identitas pribadi pelapor (whistleblower) akan dirahasiakan, Kementerian Perhubungan hanya fokus pada informasi yang dilaporkan,” jelas Barata.

Pengaduan akan ditindaklanjuti apabila memenuhi unsur pengaduan (What, Where, When, Who dan How) terhadap unit kerja di lingkungan Kementerian Perhubungan serta dilengkapi dengan bukti yang cukup dan jelas.

“Nantinya, terhadap laporan yang lengkap akan diberikan jawaban atau respon selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari terhitung sejak laporan tersebut diterima,” terang Barata.

Selanjutnya, papar dia, Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan akan menindaklanjuti pengaduan dengan melakukan klarifikasi, pemeriksaan atau audit khusus terhadap dugaan pelanggaran yang dilakukan pegawai atau pejabat Kementerian Perhubungan.

Terhadap pengaduan yang terbukti kebenarannya, Barata menambahkab, Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Perhubungan akan memberikan rekomendasi berupa penjatuhan hukuman disiplin, pengembalian kerugian negara, atau penyampaian hasil pemeriksaan kepada aparat penegak hukum.

“Aplikasi SIMADU ini merupakan adopsi dari aplikasi “Wise” Kementerian Keuangan. Aplikasi dapat diakses melalui http://wise.dephub.go.id,” urai Barata.

Kementerian Perhubungan sendiri selalu berupaya mewujudkan good governance dan clean governance di lingkungan Kementerian Perhubungan. “Untuk itu diperlukan adanya akuntabilitas, transparansi dan pengawasan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Kementerian Perhubungan,” tandas jubir Kemenhub itu.

Dan sebagai pelaksanaan fungsi pengawasan itu, tambah Barata, selain kegiatan pengawasan, Itjen Kementerian Perhubungan telah menyiapkan beberapa media pengaduan, baik melalui surat, SMS Pengaduan melalui nomor 0811 807 2020, serta melalui e-mail dengan alamat pengaduan.itjen@dephub.go.id dan wbs@dephub.go.id.(helmi/aliy)

← Artikel Sebelumnya
Artikel Berikutnya →