Angkasa Pura 2

Ditjen Hubla Bangun 8 Kapal Navigasi Senilai Rp460 Miliar

DermagaRabu, 7 Oktober 2015
IMG-20151007-WA006

JAKARTA (beritatrans.com) – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membangun 8 kapal untuk Direktorat Kenavigasian senilai Rp460 miliar. Kontrak pembangunan ke-8 kapal tersebut ditandatangani di Ruang Sriwijaya Kantor Pusat Kemenhub hari ini, Rabu (7/10/2015).

Acara tersebut disaksikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut Capt. Bobby R Mamahit serta dihadiri oleh para pejabat perusahaan pemenang tender yaitu PT Dumas Tanjung Perak Shipyard, PT Multi Prima, dan PT Citra Shipyard.

Dirjen Bobby mengatakan, pembangunan 8 kapal navigasi tersebut merupakan bagian dari program pembangunan 190 kapal yang diadakan oleh pemerintah melalui Kementerian Perhubungan Cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut untuk periode 2015 – 2017 dengan total nilai Rp11 triliun lebih.

“Hingga saat ini kami sudah mulai membangun sekitar 20 unit kapal berbagai ukuran, baik untuk Direktorat Lalu Lintas Angkutan Laut, Direktorat Kenavigasian, dan Direktorat KPLP,” kata Bobby usai acara penandatanganan.

Di tempat yang sama, Direktur Kenavigasian Bambang Wiyanto mengatakan, pembangunan 8 kapal navigaso tersebut untuk meningkatkan kinerja kenavigasian, terutama dalam melakukan pengawasan, penjagaan, dan pemeliharaan Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP).

“Kami berharap dengan bertambahnya kapal navigasi dapat lebih menjamin keselamatan dan keamanan pelayaran,” kata Bambang.

Bambang menjelaskan, pembangunan ke-8 kapal navigasi tersebut dibiayai oleh APBN yang masing-masing Rp369,7 miliar untuk tiga unit kapal induk perambuan, Rp102,2 miliar untuk tiga unit kapal pengamat perambuan, dan Rp68,2 miliar untuk dua unit kapal pengamat perambuan.

“Masa kontrak pembangunannya antara 450 hingga 660 hari kalender,” ujarnya. (aliy)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari