Angkasa Pura 2

Poltekpel Surabaya Gelar Program CAS Untuk Taruna Tingkat III

SDMJumat, 9 Oktober 2015
IMG_20150603_075127_edit_edit

JAKARTA (BeritaTrans.com)- Kampus Polteknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya menggelar program Cadet Afternoon Speaking (CAS). Program ini dilaksanakan setiap hari Sabtu dari pagi sampai siang.

“CAS khusus diberikan kepada taruna Poltekpel tingkat III, atau mereka yang akan segera naik kapal dalam program praktik laut (prola),” kata Direktur Poltekpel Surabaya Capt.Marihot Simanjuntak,MM saat dihubungi beritatrans.com di Jakarta, Jumat (9/10/2015).

Jadi, lanjut dia, seluruh taruna yang akan naik kapal atau prola dibekali dengan kemampuan teknis berbasa Inggris terutama seaking-nya.

“Saat mereka naik kapal dan bekerja dengan ABK lain yang harus berkomunikasi dengan bahasa Inggris, para taruna madya itu sudah siap,” jelas Marihot.

Kemampuan berbahasa Inggris, lanjut dia, mutlak bagi seorang pelaut. Apalagi mereka calon perwira bahkan nakhoda kapal. “Kemampuan berbahasa Inggris baik aktif atau pasif mutlak adanya,” papar nakhoda senior alumni STIP Jakarta itu.

Oleh karena itu, sejak awal taruna tingkat III dibekali dengan program tambahan bahasa Inggris itu. “Setiap Sabtu ada program CAS,” papar Marihot.

Masuk Lab Dan Simulator
Selain program pemadatan bahasa Inggris, Marihot menambahkan seluruh taruna tingkat III baik prodi nautika, teknika dan elektrik, juga diperkaya.

“Mereka harus ditambah program naik simulator atau masuk lab bagi taruna elektrik. Pokoknya, selama harui Sabtu mereka dibekali dengan kemampuan praktis di lapangan, sebagai bahan pengayaan teori yang diterima di bangku kuliah,” terang Marihot.

Seperti biasanya, sejak awal taruna tingkat III beberapa perusahaan pelayaran terutama dari luar negeri sudah menjaring calon cadet yang akan direkrut saat mereka prola.

“Saat itulah, mereka mencari taruna yang cerdas, terampil dan tentunya menguasai bahasa Inggris yang baik. Mereka akan mendapatkan prioritas untuk diterima bahkan direkrut menjadi karyawan,” tegas Marihot.(helmi)