Angkasa Pura 2

DAMRI Angkutan Bandara Soetta Komit Tingkatkan Keselamatan dan Pelayanan

Bandara KoridorSabtu, 10 Oktober 2015
damri  bandara

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Manajemen Perum DAMRI Angkutan Khusus Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) akan dijadikan proyek percontohan peningkatan keselamatan dan pelayanan di lingkungan BUMN transportasi darat itu. DAMRI Angkutan Khusus Bandara Soetta beroperasi dengan 265 unit bus. Mereka dengan melayani puluhan trayek di Jabodetabek bahkan sebagian Jawa Barat dan Baten.

DAMRI Angkutan Khusus Bandara Soetta menjadi tulang punggung warga amsyarakat dari dan menuju bandara terbesar di Indoensia itu. Bahkan, disaat banjir besar di Jakarta sampai menggenangi ruas tol Prof.Sedyatmo, bus-bus DAMRI masih tetap beroperasi. Meski diakui, ada keterlambatan di beberapa rute. Bus-busDAMRI ituberoperasi dari jam 02.00 dini hari sampai penerbangan terakhir sekitar jam 12.00 untuk semua rute.

Data yang dihimpun beritatrans.com menyebutkan, DAMRI Angkutan Khusus Bandara Soetta melayani puluhan rute yang paling jauh adalah trayek Bandara Soetta ke Bogor, Purwakarta Jawa Barat. Selain itu juga Bandara Soetta ke Merak, Banten.

Bus DAMRI melayani semua wilayah di Jakarta, termasuk angkutan terpadu dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat. Untuk jemput bola, DAMRI juga membuka trayek ke sentra bisnis atau pendidikan seperti Blok M, Pasar Minggu, Mangga Dua, Lebak Bulus, Rawamangun. Selain itujuga membuka rute ke daerah pemukina baru seperti Grand Pramuka, Pulo Gebang dan lainnya.

DAMRI Angkutan Khusus Bandara Soetta tercatat sebagai salah satu unit usaha Perum DAMRI dengan kinerja paling baik. Load factor atau tingkat isian penumpang bus DAMRI rata-rata 65% untuk rute tertentu sampai 90%, pada saat pagi dan sore hari.

General Manager (GM) Perum DAMRI Angkutan Khusus Bandara Soetta Johny Hendri saat dikonfirmasi beritatrans.com dan Tabloid Beritatrans membenarkan load factor bus DAMRI angkutan Bandara Soetta tersebut. “Kalau rata-rata load factor sudah melebihi angka 65%. Meski ada juga yang dibawah itu, tapi tidak terlalu banyak,” katanya di Jakarta, Sabtu (10/10/2015).

“Kinerja dan pelayanan DAMRI Angkutan Khusus Bandara terus ditingkatkan. Manajemen DAMRI melakukan sejumlah terobosan untuk meningkatkan kenyamanan dan kepuasan pelanggan. Salah satunya dengan menyediakan fasilitas WiFi gratis disetiap bus angkutan Bandara Soetta. Dengan begitu, penumpang DAMRI bisa langsung mengakses internet bahkan bekerjalayaknya di kantor sendiri,” papar Johny.

Bagus Wisnaggeni

Tingkatkan keandalan Armada

Terkait peningkatan pelayanan ke penumpang bus DAMRI, manajemen terus mengganti armada yangberoperasi dengan bus-bus baru. Selain itu, tingkat keandalan dan keselamatannya ditingkatkan. “Seluruh bus DAMRI yang beroperasi dipastikan laik jalan dan laik beroperasi. Apalagi, bus yang dioperasikan untuk angkutan Bandara Soetta,” kata Direktur Teknik Perum DAMRIBagus Wisanggeni saat dikonfirmasi beritatrans.com.

Menurutnya, kinisemua bus DAMRI sudah dilengkapi dengan pendingin udara atau AC. Meski bus kelas ekonomi sekalipun,semua ada AC-nya. Apalagi bus DAMRI Angkutan Khusus Bandara Soetta, semua dilengakpi AC dan didesign khusus untuk melayani penumpang pesawat terbang dari atau menuju Bandara Soetta.

“Kita ingin kepuasan pelangggan bus DAMRI terus meningkat. Betatpun kecilnya complain masyarakat, akan langsung direspon dengan baik oleh manajemen DAMRI. Manajemen Perum DAMRI kini menambah satu direktorat baru, yaitu Direktur Keselamatan dan Pelayanan Pelanggan, yang dijabat oleh Dr.I Gede Suardhika,” kilah Bagus.

Untuk memastikan semua bus DAMRI yang beroperasi laik jalan dan mengutamakan keselamatan, menurut Bagus, dia bersama stafnya sering turun langsung ke lapangan. “Kita datang dan berdialog dengan awak bus serta penumpang. Kita ingin menjaring masukan dari masyarakat,” tukas Putra Solo itu lagi.

Dia menambahkan dia, langkah tersebut juga untuk memastikan armada yang dioperasikan DAMRI dalam kondisi prima. “DAMRI Angkutan Khusus Bandara Soetta akan dijadikan proyek percontohan dalam peningkatan keselamatan dan pelayanan kepada pelanggannya.Masalah ini nanti akan ditangani langsung oleh Pak GedeSuardhika,” tegas Bagus.(helmi)