Angkasa Pura 2

DAMRI : Angkutan Jamaah Haji Embarkasi Jakarta Sampai 25 Oktober 2015

KoridorSabtu, 10 Oktober 2015
Jamaah haji 2015

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Manajemen Perum DAMRI Angkutan Khusus Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menjalin kerja sama dengan maskapai Garuda Indonesia dan Saudi Arabia Airlines, untuk angkutan jemaah dari dari Asrama Haji baik di Jakarta atau Bekasi menuju Bandara Embakarsi Haji Jakarta di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

“Angkutan jamaah haji tahun 2015, di Embarkasi Haji Jakarta direncanakan akan berakhir tanggal 25 Oktober 2015 mendatang. Untuk angkutan pemadu moda jamaah haji di Jakarta semua dilayani Perum DAMRI Angkutan Khusus Bandara Soekarno-Hatta (Soetta),” kata GM DAMRI Angkutan Khusus Bandara Soetta Johny Hendri kepada beritatrans.com di Jakarta, Sabtu (10/10/2015).

Sejak beberapa tahun ini, lanjut dia, Garuda Indonesia selalu bekerja sama dengan DAMRI untuk angkutan jamaah haji dari asrama menuju bandara embarkasi haji atau sebaliknya saat mereka kembali ke Tanah Air. “DAMRI selalu menjadi mitra untuk para tamu Allah Swt itu,” tukas Johny.

Sejauh ini, pelayanan angkutan jamaah haji baik saat pemberangkatan atau pemulangan ini berjalan aman dan lancar. “Sejauh ini tak ada komplain yang cukup signifkan. Kalau ada keterlambatan untuk beberapa kloter bukan semata-mata kesalahan kita di Indonesia termasuk DAMRI,” jelas Johny.

Dia menambahkan, beberapa embarkasi haji Indonesia terutama yang dilayani dengan maskapai Garuda Indonesia selalu bekerja sama dengan Perum DAMRI. Manajemen DAMRI bukan hanya menangani angkutan jamaah haji di Embarkasi Haji Jakarta tapi juga daerah lain di Tanah Air.

“Ada beberapa bandara embarkasi tahun 2015 juga ditangani DAMRI. Misalnya, Embarkasi Haji Surabaya. Tapi, mereka tidak berada dibawah pengelolaan kita,” aku Johny.

Sebelumnya, Dirjen Urusan Haji dan Umroh Kementerian Agama RI DR.Abdul Djamil menyatakan, beberapa embarkasi haji Indonesia yang dilayani oleh maskapai Garuda Indonesia ada embilan lokasi. Sedang jamaah haji lainnya dilayani dengan maskapai Saudi Arabia Airlines.

Ke sembilan embarkasi itu yaitu embarkasi Banda Aceh (3.180 jamaah), embarkasi Medan (6.673 jamaah), embarkasi Padang (4.946 jamaah), embarkasi Jakarta (17.723 jamaah), embarkasi Solo (26.561 jamaah), embarkasi Banjarmasin (4.190 jamaah), embarkasi Balikpapan (4.284 jamaah), embarkasi Makassar (11.972 jamaah) dan embarkasi Lombok (3.646 jamaah).(helmi)