Angkasa Pura 2

Awas Macet, Ribuan Buruh Akan Demo Di Depan Istana Negara

KoridorKamis, 15 Oktober 2015
Demo Buruh

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Ribuan buruh dilaporkan bakal kembali turun ke jalan siang ini, Kamis (15/10/2015). Mereka bakal melakukan aksi unjuk rasa di depan Istana Kepresidenan, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat untuk memprotes Paket kebijakan Ekonomi yang dinilai tidak tepat dan merugikan kepentingan rakyat dan buruh di Tanah Air.

Oleh karena itu, para pengguna jasa atau warga masyarakat yang berkepentingan di darah yang akan dilalui irinh-iringan massa buruh untuk segera mengantisipasinya. Dipastikan, jalan akan padat bahkan memicu kemacetan yang panjang di sepanjang jalan menuju Istana Negara Jakarta dan sekitarnya.

Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal mengungkapkan turunnya buruh ke jalan untuk menolak paket kebijakan ekonomi jilid IV, yang rencananya bakal diumumkan pemerintah hari ini.

Menurut Said, paket kebijakan ekonomi jilid IV yang fokus pada ketenagakerjaan justru merugikan kaum buruh. “Paket kebijakan ekonomi jilid IV yang mengajukan kenaikan upah gaji buruh flat selama lima tahun dengan melihat inflasi dan rasio Produk Domestik Bruto (PDB). Dia menilai, hal ini tak akan memberikan peluang bagi serikat pekerja untuk berunding,” katanya seperti dikutip metrotvnewscom.

“Buruh mendapat kado pahit melalui paket kebijakan ekonomi jilid empat yang mengabaikan harga kebutuhan hidup layak(KHL) sehingga peran serikat pekerja hilang untuk hak berunding/negosiasi dalam penetapan nilai upah,” kata Said Iqbal di Jakarta, Rabu 14 Oktober kemarin.

Menurut dia, kebijakan ini sangat merugikan buruh, juga akan melemahkan daya saing industri. Padahal, pengusuha sudah mendapatkan sejumlah kemudahan dalam paket kebijakan I hingga III.

Iqbal menyebut massa buruh yang bakal turun ke jalan untuk menolak paket kebijakan ekonomi jilid IV ini datang dari beberapa serikat buruh, seperti KSPI, KSPSI AGN, KSBSI, Kasbi, FSPMI, SPN, KP, KPBI, SBTPI, dan 70 serikat buruh lainnya. Sekitar dua ribu massa buruh bakal kumpul di Patung Kuda sekira pukul 10.00 WIB, baru kemudian melakukan aksi longmars menuju Istana Negara.(hel/met)