Angkasa Pura 2

Polda Metro Jaya Efektifkan Patroli Dan Razia Supporter Sepak Bola

Aksi Polisi KoridorMinggu, 18 Oktober 2015
aparat polsisi jaga1

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Polda Metro Jaya dan jajaran Polres dan Polsek menggelar patroli wilayah siang ini. Fokus patroli tidak hanya di dalam kota, tetapi hingga ke ruas jalan tol untuk memastikan situasi keamanan Jakarta menjelang final Piala Presiden 2015 di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat.

Di beberata titik kota Jakarat juga dilakukan razia terhadap pengguna jalan baik sepeda motor, kendaraan pribadi sampai angkutan umum.

Aparat keamanan dibawah komando Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian dibantu personel TNI dan Satpol PP Pemprov Jakarta berpatroli dan menjaga sejumlah titik rawan terjadi kerusuhan atau tempat masuk supporter Persib Bandung atau disebut Bobotoh dan Sriwijaya FC.

Mereka akan mendukung tim kesayangannya merebut piala bergensi di cabang sepak bola tersebut. Menjelang sampai pertandingan berlangsung, dikhawatirkan terjadi gesekan bahkan bentrokan antar supporter sehingga bisa merugikan pihak lain termasuk aset milik negara.

Aparat Jagaaa

“Patroli dari Polda Metro dan Polres wilayah serta Polsek setempat, kita mobile di dalam kota dan juga di ruas jalan tol kita patroli semua. Saya sendiri mau patroli,” kata Wakapolda Metro Jaya Brigjen Nandang Jumantara kepada detikcom di Polda Metro Jaya, Jakarta, Minggu (18/10/2015).

Wakapolda patroli di wilayah perbatasan Jawa Barat dan DKI Jakarta, seperti Cibubur, Depok, Bojong Gede, dan Pamulang. “Nanti muter-muter di tol dalam kota dan Tol JORR juga,” imbuhnya.

Jakarta Siaga 1

Polda Metro Jaya menetapkan status Siaga 1 dalam penyelenggaraan final ini. Seluruh anggota tidak boleh meninggalkan Jakarta hingga status dicabut. Selama itu, aparat Polri siaga penuh bahkan melakukan razia terhadap seluruh supporter dan simpatisan kedua klub yang akan berlaga di GBK.

Dalam apel siaga di Mapolda Metro Jaya, Minggu (18/10/2015) pagi, dilaporkan 9.000 personel gabyngan dari Polda Metro Jaya di-back up Mabes Polri serta dibantu TNId an Satpol PP Pemprov DKI Jakarta siap mengamankan Ibukota Jakarta.

Aparat Razia1

Dari Twitter TMC Polda Mtero Jaya dilaporkan, kondisi lalu lintas di jalan-jalan utama kota Jakarta Minggu siang, terutama ruas jalan Tol Dalam Kota aman dan lancar. Hampir setiap titik persimpangan jalan, termasuk di beberapa ruas jalan layang dari dan menuju GBK dijaga aparat keamanan dari Polri dan TNI.

Sampai Minggu siang, puluhan orang yang diduga akan berbuat onar dari kedua klub sepak bola itu diamankan aparat Polri seperti di Polsektro Mampang Prapatan, Polsektro Tanah Abang dan lainnya.

Ribuan aparat Polri dan TNI sudah siaga di tempat masing-masing, baik yang pakai seragam dinas atau sipil. Pengaman ketat itu akan dilakukan sampai pertandingan usai dan ada pemenangnya.(helmi/berbagai sumber)