Angkasa Pura 2

STTD: Taruna Rumuskan Solusi Jitu Atasi Masalah Transportasi Di Wilayah Studi

Figur SDMMinggu, 18 Oktober 2015
Efendhi Prih Dkk

BEKASI (BeritaTrans.com) – Ratusan taruna Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) tingkat III tengah menjalani program oraktek kerja lapangan (PKL) di lima pemerintah kabupaten (Pemkab) yaitu Solok Sumatera Barat, Palembang Sumatera Selatan, Mataram Nusa Tenggara Barat (NTB), Banjarbaru Kalimantan Selatan dan Fak-Fak Papua Barat.

“Selama PKL, mereka harus mengumpulkan data, indentifikasi masalah, folus masalah yang akan diangkat serta memberikan solusi penanganan masalah transportasi di setiap wilayah studi taruna. Seluruh data yang dikumpulkan taruna STTD akan menjadi milik daerah,” kata Kepala Jurusan (Kajur) Transportasi Darat (Transdar) STTD Dr.Efendhi Prih Rahardjo,ATD,MT menjawab BeritaTrans.com dan Tabloid BeritaTrans di Bekasi, Sabtu (18/10/2015).

Menurutnya, masalah dan tantangan yang dihadapi setiap daerah berbeda-beda. Yang pasti, mereka harus bisa memberikan solusi terbaik untuk mengurai masalah transportasi yang ada di daerah.

“Mereka harus merumuskan sistem multimoda transportasi dengan mengintegrasikan antara moda transportasi darat, laut, udara, sungai dan kerat api bila mungkin. Saat ini, kita tak mungkin hanya mengembangkan satu multimoda transportasi, karena mereka saling bergantung dan saling melengkapi,” tandas Efendhi.

Dia menambahkan, dalam kunjungan ketiga dosen ke lokasi PKL, para taruna sudah harus bisa merumuskan masalah yang akan diangkat dalam tugas akhir setiap taruna, serta rancangan solusi yang harus disampaikan ke daerah.

“Tugas akhir taruna itulah yang nantinya akan diuji dan dipertahankan di depan dosen setelah kembali ke kampus STTD Bekasi akhir November 2015 mendatang,” tegas Efendhi.(helmi)