Angkasa Pura 2

Tommy: Pelaut Harus Bisa Imbangi Kemajuan Iptek Bidang Maritim

Dermaga SDMRabu, 21 Oktober 2015
A-tommy hormat

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Perwira pelayaran lulusan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta harus bisa mengimbangi dan memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) khususnya di bidang kemaritiman. Industri dan teknologi kemaritiman dunia dan Indonesia sudah demikian maju dan canggih.

“SDM pelaut khususnya perwira harus bisa mengantisipasi dan mengimbangi kemajuan iptek itu. Jika kualitas SDM masih seperti sekarang tak ada artinya bagi bangsa dan negara ini serta dunia pelayaran pada umumnya,” kata Kepala BPSDM Perhubungan Wahju Satrio Utomo, SH, M.Si dalam sambutan pada acara wisuda perwira pelayaran STIP Jakarta, Rabu (21/10/2015).

Industri maritim dunia makin canggih dewasa ini, menurut Tommy, harus bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas serta pelayanan kepada penggguna jasa di sektor maritim. “Yang juga tak kalah pentingnya, adalah bagaimana memanfaatkan iptek ini untuk meningkatkan keselamatan pelayaran di Indonesia dan dunia,” jelas dia.

Konsekuensinya semua itu, kualitas dan kapasitas SDM pelaut juga harus ditingkatkan. Teruslah belajar dan tingkatkan pengetahuan dan kemampuan Anda, sehingga mendorong peningkatan produktivitas dan pelayanan kepada pengguna jasa Tanah Air dan dunia.

A-topy stip

“Produk iptek termasuk di bidang maritim demikian cepat dan menuntut SDM penggunanya makin canggih pula. Semua itu harus bisa diabdikan untuk meningkatkan pelayanan dan keselamatan pelayaran,” urai Tommy.

Masih sering terjadinya kecelakaan di laut terlebih yang menelan korban jiwa harus bisa diantisipasi dengan baik, terlebih bagi perwira di atas kapal. “

Anda adalah calon pemimpin di kapal dan harus bekerja yang terbaik, sekaligus meningkatkan keselamatan dan pelayanan kepada pengguna jasa pelayaran,” papar Tommmy.

“Selamat menunaikan tugas dan bangkitkan seluruh kemampuanmu. Negeri ini menantikan amal baktimu, wahai para perwira pelaut muda Tanah Air. Anda semua merupakan ujung tombak keberhasilan program tol laut serta kemajuan industri maritim di Tanah Air, tegas Tommy.(helmi)