Angkasa Pura 2

BPSDM Perhubungan Komit Bantu Sekolah Pelaut Swasta

SDMKamis, 22 Oktober 2015
Tommy3_edit_edit

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Badan Pengembangan SDM Perhubungan berkomitmen untuk membantu dan memberdayakan sekolah-sekolah pelaut swasta di Tanah Air. Nasib dan masa depan pelaut dari sekolah swasta nasional yang harus dijaga dan diselamatkan.

“Kita ikut membantu memberdayakan mereka. Salah satunya dengan menyediakan fasilitas untuk praktek seperti simulator, lab, kapal latih dan lainnya,” kata Kepala BPSDM Perhubungan Wahju Satrio Utomo, SH, M.Si saat dikonfirmasi BeritaTrans.com di Jakarta, kemarin.

Dikatakan, semua sekolah pelaut BPSDM Perhubungan terbuka peluang untuk kerja sama dan memanfaatkan fasilitas pendidikan untuk calon pelaut.

“Saat ini, banyak sekolah pelaut yang belum memiliki fasilitas pendidikan seperti simulator, lab dan lainnya. Padahal, calon pelaut mutlak melakukan praktek lapangan di sana. Jika tak ada, maka kualitas pelaut yang dihasilkan akan dipertanyakan bahkan tak diakui,” jelas Tommy, sapaan akrab dia.

Sementara, saat ini banyak sekolah pelaut swasta di Indonesia dengan ribuan siswa dan taruna calon pelaut.

“Nasib anak bangsa inilah yang harus diselematkan. Oleh karena itu, BPSDM Perhubungan membuka diri untuk kerja sama dengan sekolah-sekolah pelaut swasta itu,” papar Tommy.

Di sisi lain, tandas Tommy, Pemda khususnya Dinas Pendidikan terkait harus selektif memberikan izin pendirian sekolah pelaut baru.

“Dinas Pendidikan juga harus membina dan memberdayakan mereka. Secara perlahan, mereka juga harus melengkapi diri dengan fasilitas pendidikan yang dibutuhkan,” terang Tommy.

Dia menambahkan, fasilitas seperti simulator, lab dan lainnya mahal. “Tapi, kualitas pelaut lulusannya harus dijaga dan ditingkatkan. Apa artinya banyak lulusan tapi tak diterima bekerja atau ijazahnya tak diakui,” tegas Tommy.(helmi)