Angkasa Pura 2

Wisuda Perwira BP3IP Jakarta

Tommy: MEA Bukan Hanya Tantangan Tapi Juga Peluang Untuk Kerja Di Luar Negeri

SDMSenin, 26 Oktober 2015
a-tommy ancol1

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Bangsa Indonesia akan segera memasuki era pasar bebas ASEAN (MEA) tahun depan. Kondisi tersebut suka atau tidak, pasti akan terjadi dan kita tak boleh tinggal diam menghadapi semua itu. “Tapi ketahuilah, MEA bukan hanya tantangan namun juga peluang bagi Anda para pelaut untuk bekerja di luar negeri,” kata Kepala BPSDM Perhubungan Wahju Satrio Utomo, SH, M.Si saat mewisuda 460 perwira pelayaran niaga lulusan BP3IP Jakarta di Ecopark Hall Ancol, Senin (26/10/2015).

“Seluruh SDM Indonesia terasuk para pelaut harus mempersipakn diri sejak sekarang. Jangan sampai kita hanya menjadi penonton sementaraakan tenaga kerja asing lebih banyak menikmati kue di negeri ini,” pesan Tommy didampingi Direktur BP3IP Jakarta Capt. Mulder Mustafa, SE, MM itu.

Menurutnya, jika MEA sudah benar-benar dibuka, maka SDM asing akan segera masuk tanpa bisa ditahan-tahan lagi. Sementara, mereka sudah lebih siap baik dai sisi kompetensi atau administrasi terutama sertifikat kompetensi masing-masing profesi. “Kita harus segera mengejak ketertinggalan ini dan jangan sampai semua peluang jatuh ke tangan asing,” jelas Tommy, sapaan akrab dia.

Pelaut sebagai ujung tombak di bidang transportasi laut, menurut Tommy sejak awal dipersiapkan mampu bersaing di era global. Standar komptensi dan persyaratan kerja pelaut harus mengikuti ketentuan international. “Pertahankan dan tingkatkan kompetensi dan daya saing Anda. Kalian akan menghadapi persaingan yang makin berat dan menantang,” terang Tommy.

Kendati begitu, dia mengingatkan, era pasar bebas ASEAN bukan hanya tantangan, karena SDM asing bisa dengan mudah masuk dan mengisi lapangan kerja di dalam negeri. “Sebaliknya, kalian semua juga bisa mengisi peluang dan potensi kerja di luar negeri. Ini peluang yang mesti dimanfaatkan oleh para pelaut Indonesia,” urai Tommy.

a-tommy samirr

Mantan Staf Ahli Menhub Bidang Hukum dan Reformasi Birokrasi ini menambahkan, pelaut Indonesia termasuk alumni BP3IP Jakarta sudah terkenal di mancanegara dengan kinerja dan prestasi yang baik.

“Kalian para pelaut muda yang baru dilantik dan akan segera dilepas ini, harus menunjukkan dan membutkikan kalian mampu. Profesionalsime saudara akan diuji. Ingat, kalian berlayar membawa nama bangsa dan almamater, dan jangan kecewakan anak bangsa dan keluarga yang menanti di rumah,” pesan Tommy.

Sekali lagi Tommy berpesan, “Baktimu sudah dinanti dan bangit seluruh kemampuan saudara. Ayo kita bangun bangsa dan negara ini menjadi lebih baik dan sejahtera di masa mendatang,” tegas Tommy.(helmi)

loading...