Angkasa Pura 2

Wahid: PIP Makassar Siap Pindah Ke Kampus Baru

SDMMinggu, 1 November 2015
Wahid tommy

KENDARI (BeritaTrans.com) – Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar akan segera menempati kampus baru di daerah Jalan Salodong, Makassar. Kampus terpadu yang diresmikan zaman Menhub EE.Mangindaan itu dibangun atas lahan seluas 56 hektare dan disiapkan untuk tiga kampus sekaligus, yaitu PIP Makassar, ATKP Makassar dan BP2IP Barombong, Sulawesi Selatan.

Direktur PIP Makassar Ahmad Wahid, ST, M.Mar.E saat dihubungi BeritaTrans.com mengatakan, sejak tahun lalu taruna baru PIP Makassar sudah dipindahkan ke kampus baru di daerah Salodong.

“Kini, taruna tingkat I tahun 2015 semua masuk di kampus baru. Hanya sebagian proses belajar mengajar masih di kampus PIP Makassar yang lama,” kata dia.

“Kampus PIP Makassar yang baru menjadi satu lokasi dengan dua kampus lainnya itu ATKP Makassar dan BP2IP Barombong. Mereka akan menempati kampus terpadu yang lengkap dengan fasilitas pendidikan, lab dan praktikum, olah raga dan sarana pendukung lainnya,” jelas Wahid.

Ke depan, menurut dia, seluruh taruna reguler PIP Makassar akan dipindahkan ke kampus baru secara bertahap. “Selanjutnya, kampus lama akan difungsikan untuk diklat-diklat jangka pendek atau peningkatan komptensi pelaut. Tapi, masalah itu masih akan dikoordinasikan dengan BPSDM Perhubungan dan pihak terkait lainnya,” kilah Wahid.

Taruna PIP Makassar tingkat I tahun 2015 terdiri dari tiga program studi (prodi) masing-masing Prodi Nautika, Produk Teknika dan Produk Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan (KALK).

“Animo masyarakat untuk masuk PIP Makassar cukup tinggi. Buktinya, setipa tahun kita menerima lebih dari satu kelas untuk masing-masing prodi,” tukas alumni PIP Makassar itu lagi.

Prodi yang paling banyak peminatnya sekaligus daya serapnya tinggi adalah nautika dan teknika. “Lebih dari 30% taruna turun dari kapal (ikut prala), langsung teken kontrak dengan perusahaan pelayaran. Sisanya, kurang dari setahun rata-ata sudah langsung bekerja,” tegas Wahid.(helmi)

loading...