Angkasa Pura 2

Taruna API Madiun Berpartisipasi Dalam Seminar Perkeretaapian Di UNS

EmplasemenSenin, 2 November 2015
Mas Jonan

SURAKARTA (BeritaTrans.com) – Taruna Akademi Perekeretaapian Indonesia (API) Madiun, ikut berpartisipasi dalam Seminar Nasional yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Tehnik Sipil Universitas Sebelas Maret (UNS) tahun ke-7 Civil Week, di Surakarta, Sabtu (31/10/2015).

Seminar itu digelar di Aula Gedung Pascasarjana UNS, dengan membahas thema “Optimalisasi Sistem Dan Fungs i Kereta Api Sebagai Transportasi Massal Nasional”.

Seminar ini diikuti oleh mahasiswa dari berbagai Universitas terkemuka di Indonesia, seperti UGM Yogyakarta, Undip Semarang, UNJ Jakarta serta Taruna Akademi Perkeretaapian Indonesia (API) Madiun.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menjadi pembicara utama dalam seminat yang digear di Kamus UNS Sukarta itu. Dalam seminar tersebut, Menhub Jonan memberikan penjelasan tentang Rencana Induk Perkeretaapian Nasional (RIP Nasional) Kementerian Perhubungan. RIP Nasional, meliputi program pembangunan perkeretaapian hingga tantangan dan strategi pembangunan perkeretaapian nasional.

Di sela-sela diskusi, Menhub Jonan empat membahas mengenai pembangunan MRT Jakarta yang sedang dalam pengerjaan dan pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung. Jalannya seminar makin seru, dengan munculnya berbagai pertanyaan kritis dari para audiens kepada nara sumber yaitu Menhub Jonan.

Diskusi tersebut dipandu oleh moderator kondang, yaitu Kepala Lab Transportai Unia Soegijopranoto Djoko Setijowarno, ST,MT. Dalam diskusi tersebut juga menghadirkan pembicara lain seperti, Direktur Logistik PT.KAI Hanggoro Budi Setiawan, Direktur SDM dan Umum PT.INKA. Ir Suryanto, dan Akademisi dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Budi Yulianto. ST, M.Sc, Ph.D.

Donny, salah satu taruna API yang berpartisipasi dalam seminar tersebut mengaku bangga bisa ikut dalam acara berskala nasional itu. “Seminar itu sangat inspiratif dengan mengangkat isu aktual serta pembicara yang berkompeten di bidangnya,” jelas dia.

Seminar yang berlangsung sekitar empat jam, lanjut Donny, diharapkan dapat menambah wawasan mengenai pembangunan perkeretaapian di Indonesia. “Kita taruna API berharap seminar yang mengangkat tema kereta api dan angkutan massal di Tanah Air perlu dioptimalkan dan selanjutnya bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,” sebut dia.

API Madiun merupakan salah satu UPT dilingkungan kementrian perhubungan, Akademi Perkeretaapian Indonesia yang mencetak SDM handal di bidang kereta api. “Pembangunana perkeretaapian di Tanah Air perlu didukung untuk menyediakan moda angkuytan massal yang baik dan murah serta tingkat keselamatan tinggi,” kilah Eka, taruna API lainnya.

Taruna API, tambah Eka, akan lebih menambah ilmu dan pengetahuan dalam mengembangkan teknologi transportasi massal. Pembangunan dan pemanfaatan moda transportasi kereta api indonesia semakin menunjukkan kemajuan yang pesat. (ekaredj/hel)

loading...