Angkasa Pura 2

Kereta Pelabuhan Beroperasi, Pemeriksaan Barang Bisa Di Cikarang Dry Port

Dermaga EmplasemenRabu, 4 November 2015
150409040846_TPS-Petikemas

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Pemerintah menargetkan proyek kereta pelabuhan yang melintasi Tanjung Priok-Cikarang rampung Desember 2015. Kereta pelabuhan digadang-gadang sebagai solusi mengurangi waktu bongkar muat barang (dwelling time) di Pelabuhan Tanjung Priok.

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Cikarang Djanurindo Wibowo mengatakan, waktu tiba kontainer di pelabuhan CDP akan lebih pasti.

Pasalnya, kereta pelabuhan juga menghubungkan Priok dengan Cikarang Dry Port (CDP), sehingga pemeriksaan barang yang biasanya dilakukan di Priok bisa dilakukan di CDP.

“Kalau (kontainer) dibawa pakai kereta (waktu tempuh Tanjung Priok-Cikarang) hanya satu jam,” katanya di CDP, Jakarta, Rabu (4/11/2015).

Dia melanjutkan, kontainer diangkut dari Priok ke CDP menggunakan truk. “Kalau berangkat tengah malam, dua jam, kalau siang? Kebayang dari Bekasi ke sini saja gimana,” lanjutnya.

Selain itu, dalam satu kali angkut kereta bisa membawa 60 kontainer sekaligus. Tentunya menghemat pengeluaran untuk bahan bakar kendaraan. “Transport cost lebih rendah, dari keamanan barang juga lebih aman kalau truk kan bisa di rampok, kereta lebih susah lah (dirampok),” imbuhnya. (okz).

loading...