Angkasa Pura 2

Presiden Jokowi Dan Menteri PU-PR Tinjau Tol Trans Sumatera Di Lampung

KoridorJumat, 6 November 2015
jokowi1

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Presiden Jokowi bersama Menteri PU PR Basuki Hadimuljono rombongan berangkat dari Jakarta sekitar pukul 14.00 WIB dari bandara Halim Prdanakusuma, Jakarta Timur dan tiba di Lampung pada pukul 14.35 WIB. Jokowi akan meninjau langsung pembangunan proyek Tol Trans Sumatrera khususnya dari Lampung.

Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan Presiden akan meninjau perkembangan pembangunan Tol Trans Sumatera untuk ruas Bakauheni-Terbanggi Besar. “Pak Presiden nanti akan meninjau,” tutur Basuki, kala ditemui di Lampung, Jumat (6/11/2015).

Menyambut kedatangan Jokowi, dari pantauan di lapangan, pasukan pengamanan presiden sudah siap berjaga di lokasi. Beberapa truk pasukan dari Direktorat Sabhara Polda Lampung pun tampak di lokasi.

Selain melakukan peninjauan ke Lampung, Jokowi juga dijadwalkan akan melanjutkan perjalanan ke Palembang, Sumatera Selatan, untuk melakukan serangkaian kunjungan kerja lain.

Untuk diketahui, pada tahap awal pembangunan proyek jalan bebas hambatan sepanjang 2.818 kilometer ini akan dimulai dari Pelabuhan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, hingga Terbanggi Besar, Lampung Tengah.

Rencana pembangunan segmentasi konstruksi jalan Tol Trans Sumatera di Lampung akan dibangun 3 tahap. Jalan tol direncanakan melintasi Bakauheni, Lampung Selatan, melewati sebelah timur Kota Bandar Lampung hingga Terbanggi Besar, Lampung Tengah.

Pada tahap pertama pembangunan akan dilakukan di jalur Bakauheni-Natar dengan panjang 104,7 km. Jalan tol sepanjang 104,7 km ini akan melewati Kecamatan Bakauheni, Penengahan, Ketapang, Palas, Kalianda, Way Panji, Sidomulyo,Candipuro, Katibung, Merbau Mataram, Tanjung Bintang, Jati Agung, hingga Natar di Kabupaten Lampung Selatan.

Pada tahap kedua, pembangunan dilakukan di jalur Babatan-Tegineneng dengan panjang 59,202 km. Sedangkan tahap ketiga jalur Tegineneng-Terbanggi Besar sepanjang 34,135 km.

Dengan demikian, total panjang jalan Tol Trans Sumatera dari Bakauheni-Bandar Lampung-Terbanggi Besar 140,410 km.

Jalan Tol Trans Sumatera terbagi dalam empat koridor utama dan tiga koridor prioritas jaringan jalan tol:

Keempat koridor utama:

1. Bandar Lampung (Lampung)-Palembang (Sumatera Selatan) 358 km,
2. Palembang-Pekanbaru (Riau) 610 km,
3. Pekanbaru-Medan (Sumatera Utara) 548 km, dan
4. Medan-Banda Aceh (NAD) 460 km.

Tiga koridor prioritas pembangunan, yakni:

1. Palembang-Bengkulu sepanjang 303 km,
2. Pekanbaru-Padang (Sumatera Barat) sepanjang 242 km dan
3. Medan-Sibolga sepanjang 175 km.
(hel/liptn)

loading...