Angkasa Pura 2

Belum Ideal

Stasiun MRT/ LRT Seharusnya Dilengkapi Park And Ride

Emplasemen KoridorKamis, 12 November 2015
Parkir Liar(1)

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Stasiun-stasiun MRT, LRT yang tengah dibangun di Kota Jakarta harus dirancang untuk kebutuhan jangka panjang. Oleh karena itu, seluruh kebutuhan termasuk fasilitas parkir dan angkutan pemadu modanya harus disiapkan sejak dini.

“Jangan sampai nanti setelah beroperasi, ada problem baru, karena tak ada area parkir yang cukup baik untuk sepeda motor atau mobil,” kata┬áKepala Unit Pengelola (UP) Perparkiran Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta Sunardi Sinaga di Balai Kota, Kamis (12/11/2015).

Sunardi menyampaikan kritik dan masukan, sejauh ini belum dirancang area parkir atau pakr and ride yang menyatu dengan stasiun. Dengan pengguna kendaraan pribadi akan dengan suka rela mau beralih menggunakan MRT atau LRT.

Jika calon pengguna MRT memarkirkan kendaraan pribadinya di stasiun, menurut Sunardi, akan menjadi masalah di kemudian hari.

Fasilitas “park and ride” memegang peranan penting dalam upaya mengubah kebiasaan warga dari menggunakan kendaraan pribadi ke transportasi umum.

“Mereka yang bawa kendaraan dari rumah kan butuh tempat untuk meninggalkan kendaraannya,” ujar Suhardi seperti dikutip kompas.

Oleh karena itu, Sunardi mengatakan, instansinya telah meminta PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta merancang fasilitas tersebut.

Layanan MRT Jakarta ditargetkan sudah dapat beroperasi pada 2018. Untuk tahap awal, rute yang dilalui adalah dari Lebak Bulus-Bundaran HI.(hel/kom)