Angkasa Pura 2

Pesawat Air France & Bandara Schipol Diancam Bom

KokpitSenin, 16 November 2015
tmp_6661-image373304365

AMSTERDAM (BeritaTrans.com) – Teror bom dilayangkan ke Bandara Schiphol, Amsterdam, Belanda, dan pesawat Air France, yang berada di bandara tersebut.

Ancaman bom terhadap pesawat yang dijadwalkan take off pada pukul 1.45 siang waktu setempat dengan tujuan Charles de Gaulle, Paris, itu datang via kicauan Twitter.

Ancaman itu datang dari akun Twitter @jihadijohn8. Bom akan diledakkan di Pesawat Air France dengan nomor penerbangan AF 1741. Tidak hanya itu, akun tersebut juga memberi ancaman yang sama di Bandara Brussels, Belgia.

“Melupakan #Rusia? Tunggu saja apa yang akan terjadi pada penerbangan AF1741 dari #Amsterdam menuju #Paris… #SeranganParis,” kicau akun @jihadijohn8, seperti dilansir DailyStar dan okezone, Minggu (15/11/2015).

“Kemarin Paris dan sekarang @BrusselsAirport dan @Schiphol akan diserang dengan segera oleh saudara-saudara kami. #SeranganParis #isis,” lanjut tweet tersebut.

Pengirim ancaman itu diduga masih berkaitan dengan ISIS yang juga mengklaim diri terlibat di belakanga serangan teror Paris.

Akibatnya, pesawat Air France tersebut batal terbang sesuai jadwal, lantaran pihak keamanan bandara langsung melakukan pemeriksaan, baik di dalam pesawat maupun Bandara Schiphol selama tiga jam lamanya.

“Para penumpang sedang dilayani para staf di Amsterdam, sementara pihak berwenang menggeledah pesawat,” kata Air France dalam pernyataannya.

Setelah semua bagasi dicek ulang dan pesawat digeledah, para penumpang kembali dipersilakan naik pesawat beberapa jam kemudian.

“Kami selalu menanggapi setiap ancaman dengan serius dan kami mengevakuasi para penumpang dan menggeledah pesawat,” kata juru bicara kepolisian Belanda, Dennis Muler, kepada AFP.

Tak hanya pesawat, area bandara pun diperiksa. Polisi tak menemukan bom. Pun begitu, investigasi terhadap pengirim ancaman tersebut tetap berlanjut. (tiefa).