Angkasa Pura 2

Bobby: Indonesia Optimis Kembali Masuk Anggota Dewan IMO Kategori C

DermagaSelasa, 17 November 2015
Bobby 1

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Dirjen Perhubjungan Laut Kementerian Perhubungan Capt. Bobbt R.Mamahit, MBA mengaku optimis Indonesia akan masuk dewan International maritime Organization (IMO) kateggori C, pada sidang umum IMO di kantor usat di London Inggris, akhir November 2015. Indonesia adalah Negara maritime besar dengan 18.000 pulau dan 75% wilayahnya adalah lautan. Posisi Indoesia juga sangat strategis perlintasan kapal-kapal niaga besar di dunia.

“Indonesia akan kembali mencalonkan diri sebagai anggota Dewan IMO kategori C. Untuk itu, kita tengah mempersiapkan diri mejelang Sidang Umum IMO yang dimulai tanggal 27 November 2015 mendatang di London Inggris,” kata Bobby saat dihubungi BeritaTrans.com di Jakarta, Selasa (17/11/2015).

Menurutnya, sebanyak 142 negara-negara anggota IMO di seluruh dunia akan bersidang di London. Dalam pertemuan tersebut, akan dilakukan pemilihan anggota Dewan IMO, dan Indonesia akan mencalonkan diri menjadi anggota Dewan IMO kategori C.

“Sebelumnya, Indonesia sudah menjadi anggota Dewan IMO dan juga angggota tetap IMO. Indonesia perlu masuk anggota dewan meski kategori C agar suara dan kepentingan Indonesia di dunia international tetap didengar dan diakomodasikan di IMO,” papar Bobby.

Menurut Bobby, Indonesia terus melakukan lobby ke sejumlah negara anggota IMO untuk kembali mendukung Indonesia dalam keanggotaan di IMO. Untuk bisa masuk ke anggota Dewan IMO kategori C mesti mendapat dukungan dari beberapa anggota.

“Indonesia sebagai Negara Maritime, mempunyai kepentingan besar agar suara dan aspirasinya tetap didengar bahkan kalau bisa ikut mewarnai kebijakan-kebijakan yang diambil IMO,” tandas Ketua Corp Alumni AIP/ STIP Jakarta itu lagi.

Untuk membangun Indonesia sebagai Negara Maritime bahkan poros maritime dunia tidak mudah. Butuh perjuangan berat, ber[eran aktif di IMO agar suara-suara Indonesia harus didengar di IMO. Salah satu caranya Indoensia harius masuk menjadi anggota Dewan IMO.

“Indonesia sebagai anggota IMO aktif dan berperan aktif dalam setiap acara-acara IMO. Indonesia juga terus berjuang melalui IMO demi kemajuan dan kejayaan industri maritime Tanah Air. Oleh karena itu, butuh dukungan dan partisipasi semua pihak di negeri ini,” tegas Bobby.(helmi)