Angkasa Pura 2

Japan Times: Setya Novanto Ikut Lobi Pembelian Pesawat

KokpitSelasa, 17 November 2015
tmp_9417-Setya-Novanto-2146195456

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Ketua DPR RI, Setya Novanto, kembali diterpa kabar tak sedap.

Setelah Menteri ESDM, Sudirman Said melaporkan politisi Partai Golkar itu ke Mahkamah Kehormatan Dewan dengan dugaan melobi perpanjangan kontrak PT Freeport Indonesia, kini muncul informasi terbaru tentang dugaan lobi yang dilakukannya dalam pembelian pesawat amfibi dari Jepang. Kabar tersebut muncul dalam pemberitaan yang ditulis media Jepang, The Japan Times

Tanggal 12 November lalu The Japan Times menulis, Setya Novanto menuturkan kepada Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, bahwa Indonesia mempertimbangkan pembelian pesawat amfibi US-2 sebagai sinyal kerja sama pertahanan kedua negara.

Pada artikel tersebut tertulis, wacana pembelian pesawat amfibi buatan pabrik ShinMaywa itu merupakan jawaban Indonesia atas kebijakan China di Laut China Selatan.

Mengutip pernyataan Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga, The Japan Times menjelaskan Setya Novanto mengapresiasi kontribusi aktif dan kerja sama efektif Jepang menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan Asia Pasifik, termasuk Laut China Selatan.

Perlu diketahui, pesawat amfibi ShinMaywa US-2 biasa digunakan untuk keperluan SAR. Angkatan Bersenjata Jepang saat ini tercatat sebagai satu-satunya pengguna pesawat amfibi tersebut. (fia).