Angkasa Pura 2

Saat Peletakan Rel Jalur KA Makassar, Dirjen Perkenalkan Taruna Akademi Perkeretaapian Indonesia

Emplasemen SDMRabu, 18 November 2015
taruna api

MAKASSAR (BeritaTrans.com) – Proyek pembangunan jalur kereta Makasar-Parepare, Sulawesi Selatan, sepanjang 114 ini ditargetkan selesai pada tahun 2018, dan beroperasi pada tahun 2019.

“Dan ini pertama kalinya Kementerian Perhubungan membangun track dengan lebar spoor 1435 mm mengunakan R60,” ungkap Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Hermanto Dwiatmoko.

Hal itu diungkapkannya pada prosesi peletakan rel pertama pada pembangunan Track Trans Sulawesi di 0 Km bertepatan di Desa Lalabuta, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Dalam prosesi, kemarin, itu dirjen juga memperkenalkan taruna Akademi Perkeretaapian Indonesia yang telah datang dari Madiun ke Makasar.

“Mereka dapat melihat secara langsung track ini, dan diharapkan taruna Akademi Perkeretaapian Indonesia yang akan menjadi bagian perkembangan perkeretaapian ke depannya,” tutur Hermanto di acara yang juga dihadiri Gubernur Sulawesi Selatan, Dr. H. Syahrul Yasin Limpo SH.

Gubernur Sulsel pada sambutannya pagi itu memberikan jaminan pada proyek pembangunan ini tidak akan ada Korupsi, ini semata-mata untuk rakyat. Gubernur juga menyambut baik dengan kedatangan dari pihak Civitas Akademika Akademi Perkeretaapian Indonesia , yang telah menyempatkan waktunya telah hadir di Makaasar.

Taruna sangat antusias dengan peresmian jalur rel ini, “Walaupun jarak jauh dari Madiun ke Makasar, kita sebagai bagian dari insan perhubungan harus siap kapan saja dan kemanapun demi menuntut ilmu, apalagi ini adalah bidang kita, itu sudah biasa bagi kami.” Jelas Joddy salah seorang Taruna API. Taruna menyempatkan mengunjungi PIP Makasar, Ini juga sekaligus silaturahmi antar UPT di lingkungan BPSDM Kementerian Perhubungan. (ekaredj)