Angkasa Pura 2

Balitbanghub Terbitkan Buku Lomba Penelitian Transportasi Nasional 2015

LitbangMinggu, 22 November 2015
IMG_20151122_131000_edit

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbanghub) baru saja menyelesaikan rangkaian Lomba Penelitian Transportasi Tingkat Nasional 2015 pada 12 November 2015. Lomba yang diikuti oleh para peserta dari seluruh pelosok negeri ini telah dimulai sejak diumumkan oleh Menteri Perhubungan Ignasius Jonan pada Maret 2015, bertepatan dengan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Balitbanghub Tahun 2015.

Salah satu rangkaian lomba adalah penerbitan buku yang memuat hasil penelitian para pemenang lomba tingkat regional sebanyak 20 orang yang pelaksanaannya dilakukan sejak 11 September 2015 hingga 5 Oktober 2015. Kemudian ke-20 orang dengan 20 judul hasil penelitian mereka diikutsertakan dalam seleksi tingkat nasional.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan DR. Elly Adriani Sinaga, M.Sc dalam sambutan penerbitannya menyampaikan bahwa buku tersebut berisi tulisan pemenang lomba peringkat 1-3 dari masing-masing kategori di tingkat regional.

Menurutnya, banyak ide serta gagasan menarik dan cerdas yang dapat ditindaklanjuti dan diimplementasikan dalam rangka meningkatkan pelayanan dan kinerja logistik dan transportasi multimoda di Indonesia.

Sebagai negara kepulauan, kata Elly, Indonesia membutuhkan sistem distribusi nasional yang terintegrasi guna menjamin ketersediaan bahan kebutuhan pokok masyarakat secara adil dan merata. Dengan sistem logistik yang efektif dan efisien, suatu barang atau jasa akan berada ditangan masyarakat dengan harga yang terjangkau.

Kenyataan yang ada menunjukkan hal yang berbeda. Sistem logistik nasional di Indonesia saat ini belum efektif dan efisien. Hasil survey World Bank dalam Logistics Performance Index (LPI) tahun 2014, Indonesia masih berada diperingkat ke-53 dari 155 negara.

Kondisi itu meningkat dari posisi ke-59 tahun 2012. Meskipun LPI meningkat, tetapi komponen biaya transportasi masih cukup tinggi dari dari total biaya logistik.

Kondisi logistik nasional seperti itu lah yang kemudian Balitbanghub berinisiatif menyelenggarakan Lomba Penelitian Transportasi Tingkat Nasional 2015. Lomba tersebut untuk mendapatkan masukan serta ide-ide kreatif dari masyarakat dalam menyelenggarakan logistik dan transportasi multimoda.

Tidak kurang dari 195 hasil penelitian peserta yang masuk ke meja panitia. Jumlah itu terdiri dari 141 judul dari peserta kategori SLTA/S1 dan 54 judul dari peserta kategori S2/S3. Pelaksanaan lomba dibagi dalam 10 regional yang meliputi regional Sumatera Utara, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Maluku Utara, dan Papua.

Lomba tingkat regional menghasilkan 20 pemenang yang masing-masing 10 pemenang dari kategori SLTA/S1 dan 10 pemenang dari kategori S2/S3. Naskah dari 20 pemenang itu lah yang dijadikan buku “Adi Cipta Tata Wahana Nusantara Award 2015” dengan judul buku “Efisiensi Biaya Logistik Melalui Transportasi Multimoda.” (aliy)

loading...