Angkasa Pura 2

Uji Coba KRL Ke Tanjung Priok Di Antara Jemuran Pakaian & Nyerempet Kapal

EmplasemenSelasa, 24 November 2015
081011cbantaran-rel

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kalau kendaraan bermotor, seperti mobil atau motor, tertabrak kereta banyak terjadi di Indonesia. Di Tanjung Priok, kapal kecil alias speedboat terserempet oleh kereta.

Insiden itu memang sulit dibayangkan. Malah jadi tanda tanya besar, apakah speed boat yang kebablasan sampai ke rel kereta, atau kereta yang sedikit meleset ke laut sehingga menyerempet speedboat.

Yang pasti memang peristiwa itu benar terjadi. Begini ceritanya. Kemarin (Senin, 23/11/2015), diuji coba kereta rel listrik (KRL) dari Stasiun Kota ke Stasiun Tanjung Priok.

Uji coba oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian itu mesti melintasi lokasi perlintasan kereta yang padat penduduk di sisi rel. Di lokasi ini, sehari – hari juga biasa digunakan untuk warga kongkow atau memarkirkan kendaraan serta menaruh barang dan menjemurpakaian.

Nah, salah satu barang yang diletakkan adalah speedboat. Posisinya berada di pinggir rel, namun tidak berada lokasi yang aman. Akibatnya, terserempet kereta.

“Baru kali ini kan KRL tabrak speed boat warga kan. Kalau uji coba ini tidak dilakukan, kita mana tahu ruang bebas KRL sudah steril atau tidak. Dengan ini kan, warga lihat jika ada KRL yang melaju, sehingga warga bisa menyesuaikan,” ujar Direktur Utama PT KCJ, M Fadil dalam rangkaian KRL Stasiun Tanjung Priok, Jakarta, seperti dikutip okezone, Senin (23/11/2015).

Sementara itu, DirjenPerkeretaapian Hermanto Dwiatmoko, menjelaskan bahwa uji coba yang dilakukannya kali ini, bukan terkait sinyal, listrik ataupun rel kereta yang dilalui, melainkan ruang publik.

Ruang publik dilakukan uji coba, lantaran banyak warga sekitar pinggir rel yang memiliki bangunan hampir ke jalur rel, yang nantinya akan menghambat laju KRL.

“Kalau sinyal, listrik sudah lama selesai dan sudah baik. Kita lakukan uji coba gunakan KRL untuk melihat ruang publik yang akan dilalu KRL. Lihat saja, banyak bangun-bangunan warga yang menghalangi lajur kereta nantinya,” ungkapnya.

Untuk diketahui, saat ini Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian tengah melalukan uji coba perjalanan KRL lintas Stasiun Kota, Kampung Bandan Atas-Ancol-Stasiun Tanjung Priok.(awe)