Angkasa Pura 2

Ada 26 Bangkai Kapal Di Perairan Tanjung Perak

DermagaRabu, 25 November 2015
20151125_135908

SURABAYA (BeritaTrans.com) – Di perairan Pelabuhan Tanjung Perak, terdapat 26 bangkai kapal. Di antaranya kapal – kapal peninggalan Hindia Belanda.

“Dengan tenggelamnya kapal KM Wihan Sejahtera maka jumlah kapal yang tenggelam bertambah menjadi 26 unit,” ungkap Kepala Kantor Kesyahbandaran Pelabuhan Tanjung Perak, Capt. Rudiana Muchlis, MM, kepada BeritaTrans.com dan tabloid mingguan BeritaTrans, Selasa (24/11/2015).

Dia mengemukakan kapal – kapal itu bertebaran di alur pelayaran barat dan timur Surabaya. Di antaranya kapal Tanto Hari dan kapal – kapal bekas Hindia Belanda. Sebagian besar kapal sudah tidak lagi diketahui pemiliknya.

Sebanyak 15 kapal, mantan Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP), Jakarta, itu mengemukakan sudah selesai dilelang oleh Kementerian Perhubungan. Pemenang lelang akan segera mengangkat dari dasar laut.

Sedangkan sisanya, dia menuturkan masih diupayakan oleh pemiliknya untuk diangkat dan disingkirkan oleh pemiliknya, termasuk kapal Tanto Hari dan Wihan Sejahtera.

“Kami berharap seluruh kapal itu diangkat dan disingkirkan sehingga alur pelayaran menjadi terbebas dari kendala bangkai kapal dan pada kelanjutan kapal – kapal bisa lebih leluasa ke laur masuk pelabuhab,” harap Rudiana. (awe).