Angkasa Pura 2

Tommy: Alumni ATKP Medan Harus Miliki 4 Kompetensi

SDMRabu, 25 November 2015
IMG_20151125_110131_edit

MEDAN (BeritaTrans.com) – Perwira transportasi udara ATKP Medan yang diwisuda diharapkan dapat menambah kekuatan jumlah sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kompetensi di bidang transportasi. Para alumnbi diklat transportasi termasuk ATKP Medan harus memiliki empoat kompetensi.

“Yaitu SDM yang memiliki kompetensi bidang transportasi merupakan hal yang tidak dapat ditawar-tawar. Transportasi merupakan sektor jasa yang dalam pengoperasiannya dapat diukur dan dihitung dari sisi kualitas, biaya dan ketepatan waktu,” kata Kepala BPSDM Perhubungan pada wisuda perwira ATKP Medan, Rabu (25/11/2015).

Menurutnya, proses pendidikan dan pelatihan yang telah diterapkan oleh Badan Pengembangan SDM Perhubungan perlu dipegang teguh agar memiliki kesinambungan dalam membekali para lulusannya.

“Penyelenggaraan diklat ini harus memenuhi 4 (empat) kriteria kompetensi, yaitu kompetensi akademik, kompetensi profesional, kompetensi nilai dan sikap, serta kompetensi untuk menghadapi perubahan,” jelas Tommy, sapaan akrab Kepala BPSDM Perhubungan itu.

Perubahan ini harus terus dilaksanakan. SDM. Perhubungan harus berubah yaitu semula dasar pola pikir sebagai pejabat/ penguasa berubah (move on) menjadi Sumber Daya Manusia yang berpola pikir melayani masyarakat,” jelas Tommy.

Dengan mempertimbangkan keempat kompetensi tersebut, papar Tommy, maka strategi pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan oleh Badan Pengembangan SDM Kemenhub dapat lebih diarahkan pada upaya peningkatan mutu di berbagai sub sektor transportasi dan peningkatan relevansi dengan kebutuhan.

“Mereka itu menyangkut kebutuhan dunia kerja khususnya subsektor penerbangan, maupun tantangan yang akan dihadapi di masa mendatang dalam bidang transportasi,” terang Tommy.

Berbagai upaya untuk mendukung peningkatan kualitas lembaga pendidikan dan pelatihan perhubungan di lingkungan Badan Pengembangan SDM Perhubungan terus dilakukan.

Upaya tersebut, tukas Tommy, bisa ditempuh melalui peningkatan kemampuan dan pengetahuan para instruktur, dosen, widyaiswara, penyempurnaan kurikulum, sarana dan prasarana pendidikan, pelatihan dengan standar internasional, serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kerja keras dan perjuangan wisudawan selama pendidikan dan pelatihan telah dapat dipetik hasilnya.

“Hari ini Saudara di wisuda. Saya berpesan kepada seluruh wisudawan untuk tidak berpuas diri terhadap keberhasilan yang saat ini dicapai, melainkan agar terus mengembangkan diri, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan di bidang transportasi udara, serta memupuk sikap profesional,” tegas Tommy.(helmi)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari