Angkasa Pura 2

PIP Makassar Akan Fokuskan Pendidikan Taruna Di Kampus Terpadu Salodong

Dermaga SDMKamis, 26 November 2015
Tommy-wahid2

MAKASSAR (BeritaTrans.com) – Pengembangan Kampus Politeknik Ilmu pelayaran (PIP) Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) akan semakin jelas. Pembangunan kampus baru di Kompleks Kampus Terpadu Jalan Salodong, Makassar, sudah hampir selesai. Kampus ini bahkan mulai digunakan untuk kegiatan belajar mengajar dan asrama taruna sejak tahun 2014 lalu.

“Ke depan, seluruh taruna akademik atau pembentukan akan difokusdnya di Kampus PIP Jalan Salodong. Kampus ini akan menyatu dengan dua UPT lain, yaitu ATKP Makassar dan BP2TD Makassar akan segara dibangun di kawasan yang sama,” kata Direktur PIP Makassar Ahmad Wahid, ST, M.Mar.E menjawab BeritaTrans.com disela-sela kunjungan Kepala BPSDM Perhubungan Wahju Satrio Utomo, SH, M.Si di Makassar, kemarin.

Menurutnya, alumni masyarakat khususnya warga Makassar dan Sulsel untuk menjadi pelaut tinggi. Hal itu bisa dilihat dari tingginya anomi masyarakat yang mengikuti seleksi penerimaan calon taruna (sipencatar) dari tahun ke tahun yang terus meningkat.

“Pada tahun ajaran 2015 ini, PIP Makassar menerima ratusan taruna yang teebGI DALAM 14 KELAS. Mereka itu mengambil program studi (prodi) Nautika, Tenika dan Ketatalaksanaan Angkutan Laut Dan Kepelabuhanan (KALK). Mereka bukan hanya dari Sulsel, tapi juga daerah lain seperti Gorontalo, Sulawesi Utara, Amambon bahkan Papua dan Papua Barat,” jelas Wahid.

Alumni PIP Makassar dan Kepala BP2IP Barombong itu menambahkan, tingkat penyerapan lulusan PIP Makassar juga tinggi. Setiap tahun ratusan taruna PIP Makassar mengikuti programprola di berbagai perusahaan pelayaran baik lokal atau asing. “Kalau untuk prola, PIP Makassar sudah mempunyai langganan tetap. Para taruna yang berprestasi khusunya, mereka langsung dipesan untuk bekerja bersama mereka,” kilah Wahid.

“Sekitar 30% taruna yang turun kapal dalam program praktek laut (prola) sudah langsung mengikat kontrak dengan perusahaan pelayanan termpatnya bekerja. Hal itu merupakan indikasi, mutu lulusan kita bagus dan banyak perusahaan pelayaran yang membutuhkan alumni kita,” papar Wahid.
Yang menjadi tugas PIP Makassar mendatang, menurut Wahid, bagaimana mempertahankan prestasi bahkan meningkatkannya. Selain itu, tingkat penyerapan lulusan PIP Makassar harus lebih baik lagi. “Oleh karena itu, diklat taruna akademik atau taruna pembentukan akan dofokuskan di kampus PIP Makassar Jalan Salodong. Kampus ini lebih luas dan dilengkapi sarana dan alat pendidikan yang lebih lengkap,” terang Wahid.

Ajukan Revisi Masterplann PIP Makassar

Kendati begitu, Kampus PIP Makassar yang lama, menurut Wahiud akan tetap difungsikan. “Sesuai rencana awal, kampus PIP Makassar yang lama akan digunakan untuk program diklat ratting atau short course kompetensi pelaut di Tanah Air, terutama Sulsel,” terang Wahid.

Kepala BPSDM Perhubungan Wahju Satrio Utomo, SH, M.Si yang dikonfirmasi BeritaTrans.com menyambut gembira rencana pemusatan proses diklat taruna akademik di PIP Makassar ke kapus baru.

“Bagus kalau pimpinan PIP Makassar akan memfokuskan diklat taruan pembentukan di Kampus PIP Makassar Jalan Salodong. Kampus PIP Makassar yang lama bisa difungsikan untuk diklat ratting atau diklat peningkatan kualitas pelaut di Tanah Air,” papar Tommy, sapaan akrab dia.

Kendati begitu, menurut Tommy, pihak PIP Makassar harus mengajukan revisi materplann dan rencana pengembangan kampus dahulu ke BPSDM Perhubungan. Usulan nanti akan diperiksa dan jika memenuhi syarat bisa langsung dieksekusi.

“Yang jelas, pemanfaatkan kampus baru PIP Makassar harus optimal. Tapi, kampus lama juga tetap difungsikan. Bila perlu bisa menggelar diklat sekaligus mengejar target penerimaan Negara bukan pajak (PNBP) dan sekolah peluat seperti PIP Makassar harus optimal. Selain tu juga meningkatkan setoran PNBP ke kas Negara,” tegas Tommy.(helmi)

loading...