Angkasa Pura 2

STPI Telah Selesaikan Kontrak Pembelian 51 Pesawat Latih

Kokpit SDMSelasa, 1 Desember 2015
IMG_20151201_152340_edit

TANGERANG (BeritaTrans.com) – Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) sudah berhail melakukan kontrak pembelian 51 pesawat latih taruna. Mereka meliputi 45 pesawat single angine, 5 pesawat multi-engine dan satu pesawat helikopter.

Kabag Administrasi Umum STPI Ahmad Bahrawi kepada BeritaTrans.com di Kampus STPI, Curug Tangerang, Selasa (1/12/2015) membenarkan selesainya kontrak pembelian 51 pesawat latih itu.

“Pesawat latih terdiri dari beberapa varian dan tipe, jadi ada beberapa perusahaan yang menjadi mitra kita, seperti Sessna, Piper dan Airbus untuk jenis helikopter,” kata Bahrawi lagi.

Sesuai rencana, pesawat latih untuk STPI mulai datang pertengahan Januari 2015 mendatang. “Dalam kontraknya, pesawat latih tersebut akan dikirim ke Indonesia secara bertahap sampai 2017 mendatang,” jelas Bahrawi.

Dengan kedatangan pesawat latih baru nanti, menurut Bahrawi, diharapkan mampu mempercepat proses diklat taruna penerbang di STPI.

“Saat ini, masih ada siswa penerbangan angkatan 66, 67 dan 68. Mereka dua angkatan pertama harus cepat selesai sehingga tidak memberatkan adik angkatannya,” kata Bahrawi menirukan pesan Kepala BPSDM Perhubungan Wahju Satrio Utomo, SH, M.Si.

Pembelian 51 pesawat latih tersebut menggunakan DIPA APBN P, dengan dana multiyears. Pesawat tersebut sebagian besar akan ditempatkan di STPI Curug, dan BPPP Banyuwangi.

Khusus untuk helikopter latih akan ditempatkan di STPI sekaligus memperkuat jurusan penerbang helikopter yang ada di STPI.(helmi)