Angkasa Pura 2

Trayek Baru Bus Transjakarta Melintasi Stasiun – Stasiun KRL

KoridorSelasa, 1 Desember 2015
antrean

JAKARTA (BeritaTrans.com) – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) merencanakan akan membuka rute-rute baru yang melewati stasiun-stasiun Kereta Rel listrik (KRL) Commuter Line pada Desember ini.

Rute baru itu adalah rute pengumpan (feeder) yang direncanakan akan dibuka di stasiun-stasiun yang belum dilayani koridor transjakarta.

Direktur Utama PT Transjakarta Antonius Kosasih mengatakan stasiun KRL yang direncanakan akan dilalui bus rute pengumpan adalah Stasiun Tebet dan Stasiun Tanah Abang.

“Kami memang sedang merancang membuka rute pengumpan, termasuk ke stasiun-stasiun kereta, seperti di Stasiun Tanah Abang dan Tebet. Kita usahakan bisa dipercepat Desember 2015 ini,” kata dia saat dihubungi, Selasa (1/12/2015).

Menurut Kosasih, bus yang akan melayani rute pengumpan, termasuk ke stasiun-stasiun KRL adalah bus berukuran sedang.

Ia menyebut ada 300 unit bus baru berukuran sedang yang diusahakan akan mulai beroperasi pada akhir tahun ini.

Pengadaannnya merupakan kerja sama antara PT Transjakarta dan Koperasi Angkutan Jakarta (Kopaja).

Kosasih menyebut saat ini pihaknya masih menyusun peraturan gubernur untuk pengoperasian angkutan tersebut.

“Aturan yang harus dipenuhi terkait administrasi regulasi. Karena belum ada aturan yang mengatur dan ini baru ada pertama kalinya di Indonesia,” ujar Kosasih.

Sebelumnya, Direktur Utama PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) MUhammad Nurul Fadhila menyarankan PT Transjakarta membuka rute baru ke beberapa stasiun KRL yang belum terakomodir layanan bus transjakarta.

Ia menilai langkah tersebut perlu dilakukan agar penumpang KRL memiliki moda transportasi lanjutan ketika akan menuju maupun meninggalkan stasiun. (kcm).