Angkasa Pura 2

MTI: Kontur Tol Cipali Memadai, Kecelakaan Lebih Karena Faktor Manusia

KoridorSenin, 7 Desember 2015
tmp_11536-tol-cipali21904899071

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kondisi infrastruktur dan kontur tol Cikopo-Palimanan (Cipali) Jawa Barat tidak membahayakan pengguna tol. Jalan yang lurus tanpa tikungan curam atau tanjakan curam, membuat tol itu aman untuk dilalui. Meski kecelakaan lalu lintas yang menek\lan korban jiwa bisa saja terjadi, karena diakibatkan faktor manusia.

“Hanya saja, kondisi tol Cipali yang lurus menuntut konsentrasi pengendara yang tinggi. Kecelakaan yang terjadi di tol tersebut akhir-akhir ini lebih disebabkan oleh faktor manusia. Kalau untuk infrastruktur tol sudah memadai,” kata Pengamat transportasi dan Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Ellen Tankudung di Jakarta, Senin (7/12/2015).

Dia menilai infrastruktur tol Cikopo-Palimanan (Cipali) sudah memadai. Jalan tol dengan jalur lurus yang panjang seperti tol Cipali secara psikologis justru berpotensi mengurangi konsentrasi pengemudi. Dia mengimbau para pengemudi untuk menjaga kondisi badan. Karena, kondisi badan sangat berhubungan erat dengan konsentrasi.

Sebelum masuk ke tol Cipali, pengemudi harusnya beristirahat terlebih dahulu di tol Cikampek. Begitu juga kendaraan dari arah sebaliknya. “Keberadaan rest area di jalan tol juga mesti dimanfaatkan untuk melepas kelelahan agar kondisi kembali prima,” ujar Ellen.

Hal senada disampaikan oleh Wakil Direktur Utama PT Lintas Marga Sedaya (LMS), Hudaya Arryanto. Perwakilan dari badan usaha yang mengelola tol Cipali itu mengatakan kondisi jalan dan perambuan di tol sudah berfungsi baik dan lengkap.

“Kami senantiasa menghimbau pengguna jalan tol untuk mematuhi rambu dan batas kecepatan, agar selamat dalam perjalanan,” tutur Budaya.

Sebelumnya, sebelas orang tewas dan tiga orang luka berat dalam kecelakaan minibus Elf dengan nomor polisi B 8378 OU di Tol Cipali, Jawa Barat. (baca juga: Elf Tabrak Truk di Tol Cipali, 11 Tewas dan 3 Luka Berat). (hel/kom)

loading...