Angkasa Pura 2

Pangkalan PLP Tanjung Priok Gelar Latihan Bersama Atasi Kecelakaan Laut

DermagaSelasa, 8 Desember 2015
KPLP_Priok

SERANG (BeritaTras.com) – Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) atau Sea And Coast Guard Kelas I Tanjung Priok Jakarta menggelar latihan bersama mengatasi kecelakaan di laut antara tim search and rescue PLP Tanjung Priok dengan awak Kapal Negara (KN) Trisula P. 111 di perairan Bojonegara, Serang, Banten, Selasa (8/12/2015).

“Program ini sengaja kami buat untuk menyinergikan potensi seluruh personel PLP Tanjung Priok, baik yang berada di atas kapal maupun di pangkalan dalam upaya meningkatkan keselamatan dan keamanan pelayaran,” kata Kepala Seksie Operasi PLP Kelas I Tanjung Priok, Jakarta Syahrul Wardi kepada BeritaTrans.com dan Tabloid BeritaTrans.

KPLP_Priok_2

Menurut Syahrul, selama ini pelatihan-pelatihan yang dilakukan KPLP selalu terpisah antara Tim Pangkalan di darat dan awak kapal KPLP di laut.

“Dengan pelatihan bersama ini diharapkan adanya integrasi seluruh personel PLP Tanjung Priok sehingga dapat meningkatkan kualitas kerjanya,” tutur Syahrul.

KPLP_Priok_3

Syahrul mengakui kegiatan ini atas instruksi Kepala Pangkalan PLP Sea And Cost Guard Kelas I Tanjung Priok, Surono. Tentunya ia juga dapat memastikan bahwa latihan bersama ini pun berdasarkan perintah dari Direktur Kesatuan dan Penjagaan Laut dan Pantai Pranyoto, sesuai arahan dari Direktur Jenderal Perhubungan Laut Capt. Bobby R Mamahit.

“Saya tahu pasti para pimpinan di Ditjen Hubla, khususnya di Direktorat KPLP sangat konsen pada upaya keselamatan dan keamanan di laut,” katanya.

KPLP_Priok_4

Pelatihan yang digelar selama dua hari yaitu mulai tanggal 7 hingga 8 Desember tersebut melibatkan 37 personel Sea And Coast Guard Tanjung Priok yang terdiri dari 13 personel PLP dan 24 personel KN Trisula P 111. Mereka diberikan berbagai materi tata cara penyelamatan dan pertolongan kecelakaan dilaut.

Komandan Kapal Patroli KN Trisula P 111 Handry Sulfian menjelaskan, kegiatan pelatihan dumulai pukul 06.00 WIB dengan kegiatan olahraga dan pemanasan. Usai berolahraga, peserta latihan sarapan pagi yang kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi pelatihan.

KPLP_Priok_8

Materi pelatihan pertama melakukan penyelaman di bawah air badan kapal. Pelatihan ini gunanya untuk melakukan survei kondisi bawah kapal yang mengalami kecelakaan sebelum dilakukan evakuasi atau pertolongan.

KN Trisula

“Siapa tahu pada bagian bawah kapal yang akan kita tolong mengalami kebocoran atau keretakan badan kapal dan sebagainya,” kata Handry.

Usai pelatihan penyelaman, dilanjutkan dengan penggelaran life craft. Kemudian latihan pemadaman kebakaran dengan didahului dengan pengenalan alat-alat fire fighting dan fire gun yang ada di KN Trisula.

Handry_Syahrul

“Kepada para peserta dikenalkan juga oil boom, oil thank, dan skimer yang berfungsi untuk mengatasi tumpahan minyak di laut,” kata Handry.

Kegiatan pelatihan diakhiri dengan melakukan operasi pengawasan dan pengamanan (Waspam) terhadap kapal tanker MV Hanjin yang terdampar di perairan Sangiang, Banten, sejak akhir pekan kemarin. (aliy)

KPLP_Priok_6

loading...
Terbaru
Terpopuler
Terkomentari