Angkasa Pura 2

Terminal Baru Bandara Sultan Thaha Dioperasikan Mulai 20 Desember 2015

BandaraSelasa, 8 Desember 2015
20151208_080317

JAMBI (BeritaTrans.com) – Terminal baru Bandara Sultan Thaha Jambi akan beroperasi mulai 20 Desember 2015, ungkap General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Jambi, Achmad Syahir.

“Untuk pengoperasiannya sudah oke, dan rencananya beroperasi pada 20 Desember 2015,” katanya, di Jambi, Senin (7/12/2015).

Dikatakannya, saat ini proses pembangunan terminal baru bandara tersebut telah selesai mencapai 95 persen, dan kini hanya tinggal memasang ornamen-ornamen serta aksesoris.

Garuda Indonesia Hendak Memakai Bandara Pondok Cabe
 
Sementara untuk peresmiannya sendiri akan dilakukan sekitar awal 2016. Sedangkan untuk Apron atau pelataran tempat menaikkan dan menurunkan penumpang, juga telah siap dioperasikan, katanya.

Terminal baru tersebut, ujar Achmad, dapat menampung hingga 1,5 juta penumpang dalam satu tahun. Sultan Thaha merupakan satu-satunya bandara yang terintegrasi dengan kebun binatang Taman Rimba atau disebut “Zoo Airport”.

“Nantinya sambil menunggu jadwal pemberangkatan atau pun mengalami delay maka penumpang dapat mengunjungi objek wisata Taman Rimba itu,” katanya.

Terminal baru Bandara Sultan Thaha Jambi itu mempunyai kelebihan dan memiliki sejumlah fasilitas, salah satunya lift dan gerbang otomatis untuk penumpang keluar-masuk dari pintu pesawat (garbarata).

“Dari segi tampilan saja sudah banyak kelebihannya, terminal baru ini lebih canggih, bahkan area parkir juga cukup luas dapat menampung 250 kendaraan roda empat,” katanya.

Soal rute internasional, Achmad menjelaskan, Bandara Jambi belum bisa menerapkannya karena untuk membuka rute penerbangan internasional tersebut tergantung dari pasar.

“Untuk rute internasional harus melihat pasarnya dulu, karena nanti kalau dibuka maka tidak ada penumpangnya, dan itu menjadi pertimbangan maskapai penerbangan,” katanya.

Namun, menurutnya, Sultan Thaha yang saat ini melayani penerbangan domestik mempunyai potensi bagus karena jumlah penumpang pengguna moda transportasi udara melalui bandara ini terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. (ant)