Angkasa Pura 2

PIP Makassar Segera Miliki Kapal Latih Baru Untuk Taruna

Dermaga SDMRabu, 9 Desember 2015
Tommy Mou Kapal2

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar akan segera memiliki kapal latih untuk taruna. Pengadaan kapal latih untuk taruna sudah ditandatangani di BPSDM Jakarta, Senin (7/12/2015). Kapala tersebut akan dioperasikan untuk kapal latih taruna, sekaligus dioperasikan untuk melayani rute-rute perintis di sekitar kampus.

Direktur PIP Makassar Ahmad Wahid,ST, M.Mar.E membenarkan rencana pembangunan dan pengadaan kapal latih tersebut. PIP Makassar akan menerima salah satu kapal latih yang segera dimulai pembangunannya di galangan kapal dalam negeri itu.

“Kapal tersebut direncanakan selesai tahun 2017 mendatang dan bisa langsung dioperasikan untuk latihan taruna,” kata Wahid menjawab BeritaTrans.com di Jakarta, Selasa (8/12/2015) petang.

Kepala BPSDM Perhubungan Wahju Satrio Utomo, SH, M.Si kepada BeritaTrans.com mengatakan, pihaknya sudah menandatangani pemangunan enam kapal latih uuan 1.200 GT di galangan kapal dalam negeri.

“Kapal tersebut akan diserahkan dalam dua tahap, yaitu tiga kapal diserahkan pada Maret 2017 dan sisanya tiga kapal lagi akan diserahkan pada Desember 2017,” kata dia.

“Kapal-kapal tersebut akan ditempatkan di beberapa kampus pelaut, yaitu BP2IP Malahayati Aceh, STIP Jakarta, Poltekpel Surabaya, PIP Makassar, BPPP Minahasa Selatan dan BP2IP Sorong, Papua Barat,” kata Tommy, sapaan akrab dia.

Menurut Tommy, kapal latih merupakan sarana pendidikan dan latihan (diklat) utama bagi taruna calon pelaut. “Dengan kapal tersebut, mereka bisa berlatih berlayar sekaligus mempelajari kondisi dan perbaikan mesin kapal secara langsung,” jelas alumni FH Universitas Trisakti Jakarta itu.

Baru Dua Kapal Latih

Dikatakan, kapal laut itu yang terpenting adalah kondisi mesinnya. Jika terawat dengan bagus sesuai aturan dan ketentuan teknis kapal yang bersangkutan. “Jika mesin kapal terawat dengan bagus, maka bisa dioperasikan dengan baik. Tentunya sesuai spesifikasi kapal yang ada,” papar Tommy.

Seperti diketahui, sejauh ini BPSDM Perhubungan baru memiliki dua kapal latih, masing-masing KL Bima Sakti di PIP Semarang dan KL Barombong di BP2IP Barombong, Makassar Sulawesi Selatan. “Ke depan, kita akan menambah enam kapal latih dan semuanya kapal baru,” terang Tommy.

Kapal laut termasuk kapal latih untuk taruna itu pada dasarnya dibuat dan dioperasikan dengan selamat dan aman. Kapal itu mempunyai spesifikasi dan aturan teknis masing-masing.

“Jika dirawat dengan baik dan semua ketentuan teknis dipenuhi, kita optimis kapal itu aman dan laik dioperasikan,” tegas Ahmad Wahid menambahkan.(helmi)

loading...