Angkasa Pura 2

Jokowi Sambut Kedatangan Perdana Kapal Ternak di Priok

DermagaJumat, 11 Desember 2015
Kapal_Ternak_1_beritatrans.com

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Presiden RI Joko Widodo. (Jokowi) menyambut kedatangan Kapal khusus pengangkut ternak KM Camara Nusantara I di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (11/12/2015) pukul 16.00 WIB.

Kedatangan Presiden Jokowi didampingi oleh Menkokesra Puan Maharani, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Menteri Perindustrian Saleh Husin, dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, dan sejumlah pejabat Kementerian Perhubungan seperti Direktur Jenderal Perhubungan Laut Capt. Bobby R. Mamahit.

Selain itu, Direktur Perkapalan dan Kepelautan Hari Budiono, Direktur Lalu Lintas Angkutan Laut Wahyu Widayat, Kepala Syahbandar Tanjung Priok Capt. Sahattua P Simatupang, dan Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok Bay Mokhamad Hasani.

KM Cemara Nusantara I yang mengangkut 353 ekor sapi tiba di Pelabuhan Tanjung Priok pada 11/12/2015 pukul 05.00 WIB dan sandar di dermaga 107 setelah menempuh sekita 1081 Nautical Mil (NM) dari Pelabuhan Tenau Kupang dengan lama perjalanan selama 113 jam.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan, kapal khusus pengangkut ternak itu adalah kapal ternak pertama yang dimiliki oleh pemerintah Indonesia.

“Kami akan membangun 7 kapal lagi. Mudah-mudahan tahun depan semuanya selesai,” kata Jonan.

Pengadaan kapal khusus ternak ini merupakan wujud nyata dukungan Kementerian Perhubungan terhadap program pemerintah untuk mencapai swasembada daging serta merupakan salah satu empat fokus kerja Kementerian Perhubungan yaitu peningkatan kapasitas.

Selain menyediakan sarana berupa kapal, Kementerian Perhubungan juga menyediakan subsidi untuk pengoperasian kapal ternak tersebut. Untuk tahun 2015, pemerintah menyediakan subsidi untuk pengoperasian kapal per voyage sekitar Rp700 juta. (aliy)

loading...