Angkasa Pura 2

Ada Wacana SIM C Khusus Untuk Moge

Aksi Polisi Koridor OtomotifSabtu, 12 Desember 2015
1664086d-6d73-4f7c-8b9f-b57b31687b97_169

JAKARTA (BeritaTrans com) – Untuk mengendarai sepeda motor roda dua, diperlukan Surat Izin Mengemudi (SIM) C. Namun terdapat wacana bahwa SIM C akan digolongkan dalam tiga jenis. Penggolongan ini juga akan mengenai motor gede (moge).

Wacana ini disampaikan oleh Inspektur Jendral (Irjen) Polisi Condro Kirono, Kepala Korps Lalu Lintas akhir pekan lalu di Jakarta. Nantinya SIM untuk motor akan dibagi berdasarkan kapasitas mesin.

“Ini kan karakaterisktik motornya berbeda, dan juga penggunanya berbeda,” ujar Irjen Pol Condro Kirono.

Dia menjelaskan bahwa nantinya para pengendara motor dengan kapasitas mesin diatas 750 cc akan menggunakan SIM C2. Kemudian untuk motor dengan kapasitas 750 cc-300 cc akan menggunakan SIM C1, dan motor dibawah 300 cc akan menggunakan SIM C.

Irjen Pol Condro Kirono juga menegaskan bahwa hal ini dilakukan sebagai bagian dari keamanan, khususnya pengendara motor gede. “Ini bertujuan lebih safety saja,” lanjut Irjen Pol Condro Kirono.

Saat ini Peraturan Kapolri mengenai kebijakan tiga jenis SIM masih dalam tahap pembahasan dan penyusunan internal Polri.Tentunya, setelah Perkap tersebut dikeluarkan akan dilakukan sosialisasi kepada seluruh jajaran Polres dan kepada semua masyarakat. (dien).

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari