Angkasa Pura 2

Pekan Keselamatan Transportasi Jalan 2015

Jojo: Anak-Anak Merupakan Kelompok Yang Rentan Alami Kecelakaan Lalu Lintas

KoridorMinggu, 13 Desember 2015
IMG_20151213_094802_edit

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Sugihardjo, dalam Acara Puncak Pekan Nasional Keselamatan Jalan Tahun 2015, menyatakan bahwa sudah selayaknya semua stakeholder menunjukkan kepedulian terhadap permasalahan keselamatan lalu lintas jalan bagi anak-anak di Indonesia.

“Pekan Keselamatan Jalan Nasional 2015 yang diselenggarakan Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan ini mengambil tema Save Kids Lives,” kata Jojo, sapaan akrab dia saat memberikan sambutan mewakili Menhub Ignasius Jonan di Jakarta, Minggu (13/12/2015).

Tema ini, lanjut dia, tidak hanya menjadi tema kampanye di Indonesia namun sudah menjadi isu keselamatan lalu lintas jalan yang mendunia dan dikampanyekan pula oleh dunia internasional yang didukung resmi oleh PBB/WHO.

“Anak-anak merupakan salah satu kelompok yang rentan terhadap ancaman kecelakaan lalu lintas. Data terakhir dari WHO menunjukkan di seluruh dunia tercatat lebih dari 186.000 anak meninggal karena kecelakaan lalu lintas. Di negara berkembang sendiri, jumlah anak-anak yang meninggal akibat kecelakaan 3 kali lebih banyak daripada di negara maju,” terang Sekjen.

Acara tersebut melibatkan 1500 anak SD, SMP dan SMA di Jakarta, dan juga mengundang segenap pemangku kepentingan keselamatan transportasi jalan dan juga pemangku kepentingan di bidang perlindungan anak.

Data dari Korlantas Polri, lanjut Sekjen, pada tahun 2014 lebih dari 28.000 orang di Indonesia meninggal karena kecelakaan lalu lintas. “Belum ada data yang menunjukkan berapa jumlah anak-anak di Indonesia meninggal karena kecelakaan lalu lintas, namun dari keseluruhan kejadian kecelakaan lalu lintas kurang lebih 15 % diantaranya melibatkan anak-anak,” tukas Jojo.

Kegiatan Di Berbagai Daerah
Pekan Keselamatan Jalan 2015 diakukan dalam berbagi bentuk kegiatan. Di daerah telah dilakukan kegiatan Road Safety Camp yang dilaksanakan di Balikpapan (Kaltim), Makasar (Sulawesi Selatan), Lembang (Jawa Barat) dan Padang Pariaman (Sumatera Barat).

“Kegiatan ini merupakan kegiatan perkemahan sabtu minggu dengan peserta anak-anak SMP yang diberikan pembekalan materi mengenai keselamatan jalan dengan metode games dan kegiatan out door,” kata Ketua Panitia yang juga Direktur Keselamatan Transportasi Darat Kemenhub Cucuk Mulyana menambahkan.

Sementara itu untuk di Jakarta, rangkaian kegiatan Pekan Nasional Keselamatan Jalan dilaksanakan melalui berbagai kegiatan aksi kampanye keselamatan baik di ruang publik ataupun sekolah.

Pekan Keselamatan Jalan Nasional secara rutin telah dilaksanakan oleh Kementerian Perhubungan sejak tahun 2007. Kegiatan ini merupakan bentuk kampanye untuk meningkatkan kesadaran publik tentang permasalahan keselamatan lalu-lintas jalan.(helmi)