Angkasa Pura 2

Chandra Motik: Indonesia Harus Lebih Aktif Dan Ikut Mewarnai Kebijakan IMO

DermagaSenin, 14 Desember 2015
20151214_165907

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Pakar Hukum Maritim Dr.Chandra Motik mengapresiasi keberhasilan Indonesia masuk Dewan International Maritime Organization (IMO) Kategori C. Ini satu prestasi dan Indonesia harus lebih banyak berperan dan ikut mewarnai kebijakan di IMO.

Terpilihnya Indonesia merupakan kepercayaan dunia pada Indonesia di bidang maritim. “Ke depan, Indonesia harus lebih aktif sebagai anggota IMO sekaligus mendokumentasikan dan mempublikasikan ke dunia international,” kata Chandra kepada BeritaTrans.com di Jakarta, Senin (14/12/2015).

Menurutnya, sebenarnya banyak yang dilakukan Indonesia untuk pembangunan di bidang maritim, pengembangan SDM pelaut di Indonesi dan dunia. Selain itu sekaligus menegakkan aturan keselamatan dan keamanan maritim.

Sayang, jelas Chandra, tidak semua terdokumentasikan dengan lengkap serta belum dipublikan kepada mereka. Inilah yang membuat Indonesia selam ini kurang dikenal di dunia international.

“Kelemahan dan kekurangan ini harus terus diperbaiki dan disempurnakan Indonesia ke depan. Peran dan suara Indonesia di IMO harus lebih kuat untuk memperjuangkan hak dan kepentingan negeri ini,” kilah dia.

Oleh karena itu, papar Chandra, masuknya Indonesia dalam Dewan IMO harus dimanfaatkan secara optimal. Indonesia berhasil terpilih menjadi anggota Dewan IMO dari ratusan anggota di dunia.

“Suara dan kepentingan Indonesia di IMO harus lebih di dengar bahkan mampy mempengarui kebijakan-kebijakan IMO,” terang Chandra.

Indonesia sebagai negara kepulauan dan terletak di persimpangan pelayaran dunia, harus bisa mengambil manfaat dari sana.

“Oleh karena itu, Indonesia harus semakin aktif lagi dalam setiap acara dan pertemuan di IMO dan dunia pada umumnya,” tegas Chandra.(helmi)

loading...