Angkasa Pura 2

Erupsi Gunung Bromo, Bandara Malang Masih Ditutup

BandaraSenin, 14 Desember 2015
Bandara Abdul Rachman Saleh Malang1

MALANG (BeritaTrans.com) – Bandara Abdulrachman Saleh Malang masih akan ditutup sampai hari ini, Senin (14/12/2015). Kebijakan itu diambil otoritas bnadar setempat meyusul erupsi Gunung Bromo, di perbatasan Kabupaten Malang, Pasuruan dan Probolinggo Jawa Timur itu.

Notice to Airmen (Notam) yang dikeluarkan oleh Perusahaan Umum Penyelenggaran Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau AirNav Indonesia.

“Kami terima Notam tadi pagi, penerbangan ditutup sampai Senin,” ujar Kepala UPT Bandara Abadulrachman Saleh Suharno, Minggu (13/12/2015) malami, setelah menerima notam terbaru.

Akibat penutupan Bandara Malang tersebut, aktivitas penerbangan dari dan menuju Kota Malang, Jawa Timur. Jika kondisi masih membahayakan penerbangan, maka pihak maskapai tak akan berani melayani penerbangan ke Kota Malang tersebut.

Seperti dikutip kompas.com, penutupan Bandara Abdulrahman Saleh, Malang yang berada di Kecamatan Pakis itu sudah berlangsung selama tiga hari mulai Jumat (11/12/2015). Penutupan operasional bandara ini menyusul sebaran abu vulkanik Gunung Bromo yang telah mencapai Pakis dan sekitarnya.

Penutupan bandara itu membuat penerbangan lima maskapai penerbangan dibatalkan. Lima maskapai yang beroperasi di Bandara Abdulrachman Saleh adalah Sriwijaya Air, Citilink, Batik Air, Garuda Indonesia, dan Wings Air, dengan rute Malang – Jakarta Sukarno Hatta, Malang – Jakarta Halim Perdana Kusumah, dan Malang – Denpasar.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menetapkan status Gunung Bromo Siaga. Kenaikan status itu karena terjadinya peningkatan aktifitas gunung yang dikelilingi Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Malang, dan Lumajang.

Bromo mengeluarkan abu pekat sampai setinggi 1.500 meter dari puncak Bromo, berdasarkan data dari BMKG Juanda, Minggu (13/12/2015). Abu Bromo sudah menyebar ke arah Kabupaten Malang seperti ke Poncokusumo, Jabung, dan Pakis.

Terkait sebarang abu itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang sudah mendistribusikan masker. Masker didistribusikan seperti ke Desa Ngadas Kecamatan Poncokusumo yang hanya berjarak sekitar 5 kilometer dari Bromo.(hel/kom)

loading...